Jakarta (ANTARA) - Perjalanan yang seru dan menyenangkan saat ini tak cukup hanya disimpan dalam kenangan atau diabadikan dalam bentuk tulisan, sebab media sosial membuat orang-orang bisa mengunggah foto-foto menarik untuk meninggalkan jejak wisata.

Narablog wisata dan pemengaruh Marischka Prudence mengakui pentingnya aspek visual dalam menarik wisatawan. Tampilan indah sebuah tempat wisata, sudut menarik sebuah restoran atau kamar hotel dengan interior menarik adalah alasan yang membuat sebagian orang ingin berkunjung.

Pru, panggilan akrabnya, memberikan kiat untuk menciptakan foto layak instagram, atau yang belakangan disebut foto estetik, yang bisa Anda abadikan untuk diunggah di media sosial. 

Baca juga: Tak cuma bersih dan terjangkau, "estetik" jadi alasan pilih akomodasi

Pertama, maksimalkan gawai yang dimiliki. Tak perlu langsung membeli kamera belasan juta rupiah demi menghasilkan foto yang mumpuni. Pakai saja gawai yang Anda punya untuk menghasilkan foto terbaik. Kulik fitur yang ada di telepon pintar Anda, termasuk lensa sudut lebar untuk menangkap gambar dalam sudut lebih luas.

Kedua, cari angle terbaik. Eksplorasi terus, carilah sudut terbaik sampai mendapatkan angle yang paling bagus.

"Faktor utama lainnya adalah cuaca," kata Pru dalam konferensi pers daring, Selasa.

Cuaca cerah yang mendukung akan membuat foto terlihat indah. Sebaliknya, lokasi yang visualnya memukau akan sulit terlihat bagus bila kondisi sedang hujan deras. Ada baiknya mengunjungi suatu tempat pada waktu terbaik, baca-baca dulu informasi di panduan, kapan wisatawan direkomendasikan datang ke tempat tersebut.

Ketiga, cari tempat yang memang punya visual estetik. Anda bisa mengulik linimasa di media sosial untuk mencari tempat-tempat yang bagus saat dijepret.

Keempat, jangan takut mencoba. Alah bisa karena biasa, mungkin awalnya Anda kesulitan mendapat foto yang bagus, tapi lama kelamaan Anda akan terbiasa dan mengetahui sudut-sudut bagus atau trik untuk membuat foto lebih indah. Pru menambahkan, tak perlu malu untuk berfoto-foto karena sebagian besar orang juga melakukannya.

Baca juga: Media sosial dorong hasrat liburan

Baca juga: Cara murah ke Raja Ampat

Baca juga: Catat tips liburan bagi yang pertama kali ke luar negeri

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022