Gianyar (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama bersama sembilan kepala negara di belahan dunia lainnya akan menghadiri pertemuan bertaraf internasional di Bali pada bulan November 2011.

"Di Bali pada bulan November itu akan berlangsung tiga pertemuan bertaraf internasional," kata Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika saat menghadiri pertemuan (paruman) tokoh puri se- Bali di Puri Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar.

Ia mengatakan, ketiga pertemuan bertaraf internasional itu terdiri atas konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke-19 yang akan berlangsung pada 17 November di Nusa Dua, Kabupaten Badung Bali.

Selain itu juga pertemuan puncak para kepala pemerintahan itu akan dilanjutkan dengan KTT ASEAN +3, yakni ASEAN ditambah Jepang, China, dan Korea Selatan).

Sementara pada 19 November 2011 akan digelar "East Asia Summit" (EAS). Selain dihadiri utusan sepuluh negara anggota ASEAN, EAS juga akan diikuti oleh kepala pemerintahan dari Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia dan Amerika Serikat.

"Hal itu menjadi kebanggaan bagi kita di Bali, karena sejumlah presiden akan hadir dalam hajatan KTT ASEAN ke-19 yang digelar pada bulan November mendatang," ujar Gubernur Pastika.

Kehadiran sejumlah kepala negara, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menurut Gubernur Mangku Pastika merupakan pertama kalinya di Bali, terkait kedatangan sejumlah presiden itu.

Ia berharap seluruh masyarakat Bali dan semua pihak ikut menjaga keamanan dan kenyamanan Pulau Dewata, agar semua kegiatan itu berlangsung lancar dan sukses.
(ANT/199)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011