Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, akan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat petang ini. Obama berlibur di Indonesia sejak 23 Juni lalu dalam kunjungan tidak resmi.

Keterangan itu dikutip dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, di Jakarta, Jumat.

Setelah berlibur ke Bali, Obama dan keluarganya terbang ke Yogyakarta untuk liburan juga. Di sana mereka melihat dan menikmati suasana beberapa situs sejarah dan ekologi, di antaranya Candi Prambanan dan Candi Borobudur, serta hutan wisata di Dlingo, Kabupaten Bantul.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono, menyebutkan, Obama sangat terkesan ketika berkunjung ke kedua candi itu.

"Beliau sangat senang berkunjung kembali ke sini. Dulu ketika kecil beliau pernah ke Candi Borobudur. Tapi kali ini lebih istimewa karena beliau mengajak keluarga besarnya," kata Setijono.

Pada lawatannya itu, lanjut Edy, Obama sempat berfoto-foto antara lain di sudut di lantai tujuh Candi Borobudur dengan latar belakang stupa induk. Lalu berfoto dengan pemandangan Bukit Menoreh.

"Sampai di stupa induk (puncak), ia mengatakan bahwa Candi Borobudur sangat indah, didukung dengan situasi lingkungan yang damai sekali," kata dia.

Pewarta: Hanni Soepardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017