Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) dan anak perusahaannya berhasil meraih total dua puluh penghargaan dalam ajang Public Relation (PR) Indonesia Award 2022 yang merupakan salah satu kompetisi kehumasan yang digelar oleh Majalah PR Indonesia.

SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi publik terhadap kinerja kehumasan atau komunikasi korporat Pupuk Indonesia.

Aspek komunikasi menjadi sangat penting terlebih perusahaan saat ini tengah menjalankan program transformasi bisnis dan berada di era pandemi Covid-19 yang penuh tantangan.

“Penghargaan adalah bentuk pengakuan publik atas upaya perusahaan dalam mengoptimalkan berbagai saluran komunikasi untuk menyampaikan informasi penting terkait bisnis dan operasional perusahaan dalam setahun terakhir," kata Wijaya.

Baca juga: Dirut Pupuk Kaltim jadi CEO Terbaik di Anugerah BUMN 2022

Dalam ajang ini, Pupuk Indonesia mendapatkan sebanyak enam penghargaan yang terdiri dari Sub Kategori Website, Manajemen Pra-Krisis, Annual Report, Sustainability Report, PR Digital “Fertinnovation Challenge”, serta Terpopuler di Media Cetak Kategori BUMN Non Tbk.

Selain Pupuk Indonesia, sejumlah anak perusahaan juga tercatat meraih penghargaan yang sama yaitu PT Pupuk Sriwidjadja Palembang pada sub kategori Website, PT Pupuk Kujang Cikampek pada sub kategori Video Profile dan Media Sosial, PT Pupuk Kalimantan Timur pada kategori Sustainability Report, dan PT Petrokimia Gresik pada sub kategori Brand Guideline, Community Based Development, Sustainability Business (2 award), E-Magazine, Marketing PR, Media Cetak, Website, Terpopuler di Media Cetak Anper BUMN, pemenang PR Indonesia Award 2022, sekaligus kategori Platinum anak usaha BUMN.

Dalam penilaiannya, PR Indonesia Award 2022 menggunakan metode penilaian komprehensif dengan melibatkan juri dari berbagai kalangan. Mulai dari praktisi PR senior, akademisi, jurnalis terkemuka, hingga PR Gurus.

Baca juga: Pupuk Indonesia ungkap upaya jaga keseimbangan bisnis di era pandemi

Metode penilaian juga sangat komprehensif, mulai dari penyusunan proposal, presentasi, hingga tanya jawab. Peserta penghargaan ini sangat beragam mulai dari perusahaan BUMN, kementerian, lembaga, anak usaha BUMN atau BUMD, perusahaan daerah, swasta, hingga pemerintah daerah.

Lebih lanjut, Wijaya menyebutkan bahwa program ini dapat menjadi ajang untuk menguji efektifitas program komunikasi perusahaan sekaligus sebagai bentuk evaluasi, karena dalam proses penilaiannya perusahaan menerima banyak masukan dari dewan juri untuk meningkatkan kualitas program komunikasi di masa depan.

“Semoga kedepan kualitas program komunikasi Pupuk Indonesia grup dapat semakin lebih baik, sehingga kami dapat menyampaikan informasi secara lebih efektif lagi,” kata Wijaya.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022