Kami akan membantu mengatasi problem di masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Aparat gabungan dari Pemerintah Kota Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara, yang disebut Tiga Pilar melaksanakan apel pasukan di halaman Markas Kodim 0502 Jakarta Utara, Rabu.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Wibowo, mengatakan, kegiatan apel pasukan dilaksanakan dalam rangka konsolidasi pasukan menjelang bulan Ramadhan tahun 2022 di wilayah Jakarta Utara.

"Kegiatan ini sebetulnya adalah kegiatan awal, dalam rangka untuk mengecek kesiapan personel dan sarana. Bisa dikatakan sebagai pra-operasi yang nantinya akan kami laksanakan Operasi Ketupat, yaitu pengamanan perayaan Idul Fitri dan Mudik Lebaran," kata Wibowo kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu.

Sementara, Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara, Letnan Kolonel Infanteri Frega F Wenas, mengatakan, pihaknya akan memperkuat peran bintara pembina desa (Babinsa)  dalam mengedukasi, mendeteksi, dan mencegah persoalan di masyarakat selama bulan Ramadhan 2022, antara lain, tawuran, prostitusi, penyalahgunaan narkoba, hingga konsumsi minuman keras.

"Kami akan membantu mengatasi problem di masyarakat. Ini adalah bentuk dari sinergi Kodim 0502 Jakarta Utara dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara dan Polres Metro Jakarta Utara," kata Frega.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengatakan, pihaknya akan melaporkan data-data lokasi kerawanan aktivitas selama Ramadhan.

Adapun lokasi-lokasi rawan yang dimaksud adalah lokasi rawan tawuran, minuman keras, hingga prostitusi, yang mungkin masih terjadi saat Ramadhan.

Sehingga dengan kesatuan data, baik itu data kegiatan ibadah, potensi kerawanan, kerumunan, hingga data rencana giat sekaligus sosialisasinya kepada masyarakat, dapat berjalan dengan baik.

"Ini harus satu data, walaupun tiga pilar, datanya harus satu. Rencana giatnya harus terkoordinir dan sinergi," kata dia.

Menurut Ali, masyarakat dan pihak swasta juga harus dilibatkan dalam mengantisipasi potensi kerawanan tersebut. Tujuannya, agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dengan aman dan tenteram sampai Hari Raya Idul Fitri.

Adapun dalam apel tersebut dihadiri oleh Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo dan Dandim 0502 Jakarta Utara Letkol Infanteri Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam apel gabungan, adalah Plt Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Jakarta Utara Wawan Budi Rohman, dan Kepala Kesbangpol Kota Jakarta Utara Iyan Sofian Hadi.

Baca juga: 233 personel tiga pilar ikut apel pasukan serentak di Jakarta Utara
Baca juga: Aparat gencarkan patroli wilayah antisipasi tawuran remaja
Baca juga: Polsek Kelapa Gading akan tindak tegas aksi kriminal jalanan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022