Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI mengukuhkan tiga orang ilmuan sebagai profesor riset baru yakni Dr Lasman Partomuan Simanjuntak, Dr Dedy Darnaedi dan Dr Tri Ratnawati.

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Ketua Majelis Pengukuhan Dr Lukman Hakim di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Selasa.

Dr Lasman Partomuan Simanjuntak adalah peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI bidang kimia organik.

Dr Dedy Darnaedi adalah peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI bidang botani.

Sementara Dr Tri Ratnawati adalah peneliti dari Pusat Penelitian Politik LIPI bidang ilmu politik.

Dalam pengukuhan tersebut Dr Lasmas Partomuan Simanjuntak menyampaikan orasi mengenai "Tumbuhan dan Mikroba Endofit di Indonesia: Potensi Biodiversitas untuk Bahan Obat".

"Mikroba Endofit menghasilkan beberapa senyawa kimia baik bioaktif baru maupun senyawa kimia yang sudah dikenal dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat seperti tanaman lasang yang digunakan untuk mengobati darah tinggi dan diuretik, kepulasan pandang untuk obat antiracun ular dan demam dan lainnya," katanya.

Dr Dedy Darnaedi menyampaikan orasi mengenai " Taksonomi dalam Pergeseran Orientasi Nilai dan Manfaat Keanekaragaman Hayati".

"Masyarakat Indonesia harus menyadari keanekaragaman hayati adalah aset negeri dan masa depan bangsa," katanya.

Sementara Dr Tri Ratnawati menyampaikan orasi mengenai "Otonomi Daerah Era Reformasi dan Urgensi Dekonsentrasi Parsial Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Demokratis".

"Orasi saya ingin mengingatkan pemerintah daerah era reformasi yang bias pada kepentingan elit daerah dan cenderung memperlemah negara, untuk itu dekonsentrasi parsial merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah," katanya.
(W004)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011