Osaka, Jepang (ANTARA News/AFP) - Juara Asia Jepang kembali pada penampilan terbaik mereka dengan menghancurkan Tajikistan 8-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Osaka, Jepang, Selasa.

Empat gol dalam setiap babak dari tim Samurai Biru itu menghancurkan Tajikistan dan semakin mendekatkan tim asuhan Alberto Zaccheroni itu menuju tahapan terakhir kualifikasi Asia.

Kemenangan telak Jepang di Stadion Osaka Nagai itu terjadi setelah hasil kurang mengesankan mereka ketika hanya menang 1-0 atas Vietnam dalam pertandingan persahabatan dan hasil imbang 1-1 di Uzbekistan bulan lalu.

"Kemenangan ini memberi kami perasaan yang sangat baik. Saya sadar harapan para pendukung begitu tinggi. Para pemain meresponnya dengan penampilan bagus mereka hari ini," kata Zaccheroni.

"Saya berharap kami dapat memastikannya (maju) sebelum menantikan pertandingan terakhir (grup) kami pada Februari."

Penyerang Mike Havenaar (24) membuka gol dengan gol internasional pertama dia pada menit 11 melalui sundulan yang menyambut umpan silang Yuichi Komano, sebelum Shinji Okazaki membuat kedudukan menjadi 2-0 delapan menit kemudian.

Komano memanfaatkan kesalahan pertahanan lawan untuk mencetak gol pada menit 35 dan mantan penyerang Cerezo Osaka Shinji Kagawa, yang kini bergabung dengan Borussia Dortmund, mencetak gol keempat tim tuan rumah sebelum babak pertama berakhir.

Pesta gol tidak berhenti pada babak kedua saat Havenaar kembali menciptakan gol dengan kepalanya dan gelandang Kengo Nakamura mencetak gol dengan kaki kirinya pada menit 56.

Pada menit 68, umpan silang Kagawa dari sisi kanan melesat di atas penjaga gawang Tajikistan Alisher Tuychiev dan jatuh tepat di dalam gawang yang membut kedudukan menjadi 7-0.

Sundulan Okazaki pada menit 74 makin melengkapi kesengsaraan Tajikistan, yang menempati posisi terbawah Grup C dengan nilai nol, tujuh poin di bawah pemimpin klasemen Jepang.
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011