Pembinaan prestasi tidak sekadar mengejar medali, tetapi bagaimana berusaha agar olahraga menjadi bagian dari kehidupan
Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, menyerahkan dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat sebesar Rp1,5 miliar.

Penyerahan dana hibah secara simbolis dilakukan oleh Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur kepada Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar di GOR Samapta Kota Magelang, Kamis.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan dana insentif kepada pelatih, asisten pelatih dan atlet untuk bulan Februari dan Maret 2022.

Baca juga: Sekolah Lapang Iklim warnai Hari Meteorologi Dunia di lereng Sumbing

Masing-masing pelatih menerima intensif Rp1 juta per bulan, asisten pelatih Rp500.000 per bulan. Khusus atlet insentif yang diberikan sesuai prioritas yang ditetapkan, yaitu 30 atlet prioritas 1 masing-masing mendapat Rp1 juta per bulan, 25 atlet prioritas 2 Rp500.000 per bulan, 25 atlet prioritas 3 Rp 300.000 per bulan dan 70 atlet prioritas 4 mendapat Rp200.000 per bulan.

Selain itu, selama dua hari mulai 30 Maret 2022, semua atlet mengikuti tes fisik untuk persiapan menghadapi Pra-Porprov Jateng 2022.

Mansyur menyampaikan olahraga selain penting dalam kehidupan juga menjadi sarana meningkatkan harkat serta tolak ukur kemajuan bangsa.

Baca juga: Mantan kades di Magelang hibahkan tanah ke warga terdampak jalan tol

"Pembinaan prestasi tidak sekadar mengejar medali, tetapi bagaimana berusaha agar olahraga menjadi bagian dari kehidupan. Di Kota Magelang, olahraganya menuju Magelang yang maju, sehat dan bahagia," katanya.

Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Magelang karena dana hibah untuk KONI cair tepat waktu.

Ia meminta kepada para pelatih, asisten pelatih dan atlet penerima insentif tidak melihat besaran dana insentif yang diberikan.

Baca juga: Pemkot Magelang selenggarakan pelatihan mengajar Al Quran untuk lansia

"Harapan kami, pelatih dan asisten pelatih makin maksimal dalam membina atlet. Sedang atlet makin bersungguh-sungguh dalam berlatih sehingga mampu meraih hasil maksimal pada Pra-Porprov Jateng 2022 mendatang," katanya.

Wakil Ketua Dewan Penyantun KONI Kota Magelang Sugiarto mengemukakan pihaknya memberi apresiasi atas cepat cairnya dana hibah KONI.

Ia menuturkan ada perubahan regulasi dari pemerintah pusat, yang semula dana hibah KONI terpusat di satu OPD, sekarang di masing-masing OPD teknisnya.

"Dukungan Pemkot Magelang luar biasa, maka cabang olahraga dan atlet harus mengimbanginya berlatih dengan semangat dan sungguh-sungguh supaya meraih prestasi,," katanya.

Ia berharap rencana Pemkot Magelang menambah anggaran KONI pada APBD perubahan sebesar Rp1 miliar bisa terealisasi. 

Baca juga: 5.000 bibit pohon ditanam di lereng Gunung Andong

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022