Bandung (ANTARA) - Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Adi Budiarso berharap tabungan dana pensiun Indonesia bisa mencapai 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2045.

"Berapa tabungan dana pensiun Australia saat ini? (Jumlahnya) 130 persen dari PDB. Berapa tabungan dana pensiun Indonesia pada saat ini, itu 5-6 persen dari PDB. Mimpi saya, mimpi kita semua semestinya 60 persen di 2045. Dengan 60 persen dari PDB maka akan ada tambahan Rp6 ribu triliun," kata Adi Budiarso saat menjadi pembicara pada acara Road To Mofest 2022 di Kota Bandung, Kamis.

Adi memaparkan tambahan dana tersebut nantinya akan berguna untuk perluasan lapangan kerja, kontribusi pembiayaan dan mendorong kekuatan ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, menurut dia, diperlukan pengumpulan tabungan dana pensiun yang lebih masif lagi oleh seluruh pihak, mulai dari individu hingga pemain dana pensiun, dengan pengelolaan optimal.

Baca juga: BKF: Dana pensiun Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain

"Dan ini tentu harus dibarengi dengan penguatan tingkat inklusi dan literasi dana pensiun yang kuat sehingga kita bisa memupuk dana pensiun hingga naik minimal 0,5 persen tiap tahun," katanya.

Ia mengatakan Indonesia juga harus memanfaatkan bonus demografi mengingat jumlah penduduk berusia muda Indonesia yang produktif pada 2022 masih lebih besar dibandingkan jumlah penduduk berusia tua

Namun, situasi ini diperkirakan akan berubah pada 2040 karena Indonesia diprediksi mulai memasuki periode aging country dan jumlah penduduk berusia tua menjadi lebih banyak.

"Kalau memang nanti tidak ada peningkatan tabungan dana pensiun, maka orang-orang tetap harus kerja meski telah pensiun. Dan kalau tidak akan terjadi penurunan kesejahteraan yang luar biasa," kata dia

Sebelumnya, Kemenkeu menyelenggarakan Road to Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2022 di Bandung untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045.

Baca juga: BKF: Dana pensiun perlu ditingkatkan jadi 10 persen dari gaji

Kota Bandung menjadi awal kegiatan Road To Mofest 2022 dari rangkaian enam kota yang direncanakan menjadi lokasi penyelenggaraan Mofest 2022.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan ditujukan bagi pelajar, mahasiswa, first jobber, freelancer atau pun profesi lainnya dengan target peserta generasi muda.

Mofest adalah festival kolaboratif bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berinovasi, berdaya saing, berjejaring dan memahami potensi ekonomi Indonesia untuk bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045.

Komunita adalah program Komunitas dari Kemenkeu yang bertujuan untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem generasi muda melalui pengembangan karakter dan potensi diri dengan memahami kebijakan pengelolaan keuangan negara atau #UangKita dan berperan sebagai penggerak perubahan menuju masa depan Indonesia Maju 2045.

Baca juga: Erick Thohir akan benahi dana-dana pensiun di BUMN mulai tahun depan

Baca juga: Perhatikan hal ini dalam persiapkan dana pensiun dengan bijak

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022