Kami bersama pihak terkait akan memantau di Pantai Canti sedangkan Itera juga alat-alatnya sudah siap
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung melakukan rukyatul hilal guna menentukan 1 Ramadhan 1443 H di dua lokasi di Kabupaten Lampung Selatan pada Jumat (1/4).

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah Kemenag Lampung, Jamaluddin dihubungi di Bandarlampung, Kamis, mengatakan, kegiatan pemantauan melalui penerawangan titik koordinat bulan penentuan 1 Ramadhan 1443:H akan dilakukan di Itera dan di Pantai Canti Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: Kemenag Sulteng pantau hilal 1 Ramadhan di dua kabupaten

"Kami sudah siap untuk besok melihat hilal yang secara umum dilaksanakan serentak se-Indonesia. Kami bersama pihak terkait akan memantau di Pantai Canti sedangkan Itera juga alat-alatnya sudah siap," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa terkait waktu pelaksanaan memantau hilal akan dilakukan mendekati pergantian siang dan malam dan tidak akan memakan waktu yang lama.

"Sebenarnya secara umum pemantauan hilal berkisar pergantian siang dan malam, tapi kita tidak bisa memastikannya juga," ujarnya.

Baca juga: Penentuan awal Ramadhan tunggu hasil sidang isbat

Kepala UPT Observatorium Astronomi Itera, Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc., mengatakan
pengamatan Hilal Ramadan 1443 H, akan dilakukan Jumat (1/4) bekerja sama dengan Kemenag Lampung dan akan dipusatkan di Stasiun Pengamatan Bulan Internasional Itera dengan memanfaatkan Teleskop Ofyar Z Tamin (OZT)-ALTS ITERA.

"Penanggalan awal bulan Hijriah ditandai dengan terlihatnya bulan sabit muda (hilal) pada saat matahari tenggelam pada tanggal 29 bulan Hijriah. Jika pada tanggal tersebut tidak teramati hilal atau terhitung tidak mungkin teramati, maka tanggal pada bulan Hijriah akan digenapkan menjadi 30 hari," ujarnya.

Baca juga: Kemenag ajak masyarakat tunaikan zakat lebih awal

Ia menjelaskan bahwa tahun ini, 29 Sya’ban 1443 H bertepatan pada tanggal 1 April 2022 sehingga OAIL Itera akan melakukan pengamatan hilal Ramadhan pada hari tersebut.

Pada hari itu diperkirakan konjungsi toposentrik terjadi pada tanggal 1 April 2022 pada pukul 14.13 WIB, sementara matahari terbenam di Bandarlampung pada pukul 18.05 WIB, dan bulan akan berada di atas horizon barat dengan umur bulan 03 jam 53 menit.

"Meski pada waktu pengamatan, yaitu pada pukul 18.05-18.16 WIB, cuaca diprediksi memiliki probabilitas berawan, dan hujan ringan, kami berharap pemantauan dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas. Penentuan awal bulan Ramadhan 1443 H juga akan tetap mengikuti ketetapan pemerintah Republik Indonesia melalui siding isbat yang dikoordinasikan oleh Kemenag," ujarnya.

Baca juga: BMKG Wilayah Makassar-Kemenag Sulsel akan amati hilal dari atap mal

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022