Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Tbk memantapkan diri sebagai penyelenggara layanan internet berkecepatan tinggi dengan menggelar "Flexi Mobile Broadband" di 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Jogjakarta, Banjarmasin, Pekanbaru, Makassar, Denpasar, dan Medan.

"Layanan data yang menggunakan teknologi Evolution Data Only (EVDO) Rev A ini memiliki kecepatan akses sampai dengan 5 Mbps, yang memungkinkan pengguna leluasa mengakses internet melalui ponsel maupun modem," kata Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Jakarta, Rabu.

Menurut Rinaldi, dengan teknologi EVDO tersebut pelanggan Flexi melakukan berbagai aktivitas yang mendukung pekerjaan, layanan video call, video streaming, download dan akses youtube, video chatting, fitur "social networking" lainnya seperti facebook maupun twitter.

"Tingginya penetrasi internet di Indonesia yang tumbuh sekitar 60 persen serta pertumbuhan pengakses internet yang meningkat drastis mendorong Telkom masuk dalam bisnis berbasiskan broadband ini. Mobile Broadband Flexi juga didukung ketersediaan infrastruktur dan peningkatan kapasitas

6.000 BTS yang telah tersebar di lebih dari 80 persen wilayah Indonesia," kata Rinaldi.

Untuk itu ujar Rinaldi, pihaknya akan mempercepat penggelaran layanan EVDO Flexi yang direncanakan selesai pada awal 2012.

Pada awal Oktober 2011, Telkom telah mengoperasikan 735 BTS EVDO dengan rincian 462 di Jakarta, disusul dengan Jawa Barat sebanyak 123 BTS, Medan dengan 6 BTS, Pekanbaru 28 BTS, Banjarmasin 33 BTS, Makasar 40 BTS, Denpasar 13 dan Surabaya 15 BTS EVDO.

Khusus Denpasar yang layanan Flexi Mobile Broadband-nya diresmikan hari ini (Rabu, 12 Oktober), dari 145 BTS yang ada telah terpasang 13 BTS dengan teknologi EVDO Rev A dan sampai dengan akhir tahun akan terpasang sebanyak 49 BTS.

"Saat ini Mobile Broadband Flexi baru di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan dan Gianyar dan secara bertahap akan dikembangkan hingga akhir tahun akan dikembangkan ke seluruh Bali," ujarnya.

Dengan mempercepat penggelaran jaringan EVDO secara nasional, maka diperkirakan akan dapat menjaring minimal 50.000 pelanggan Flexi Mobile Broadband.

(R017)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011