Saya juga berharap para pegawai di lingkup Pemda Sleman dapat memanfaatkan Ramadhan Great Sale ini untuk membeli kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya dengan produk-produk IKM Sleman....
Sleman (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah dengan menggelar kegiatan "Ramadhan Great Sale 2022".

Ramadhan Great Sale 2022 dibuka langsung Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Galeri Upakarti Disperindag Kabupaten Sleman, Jumat.

Kustini Sri Purnomo mengapresiasi Disperindag Kabupaten Sleman yang kembali mengadakan acara yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 tersebut.

Baca juga: Kembali gelar OVOP, Kemenperin angkat keunggulan IKM lokal

Ia berharap kegiatan Ramadhan Great Sale 2022 tersebut bisa menjadi ajang promosi bagi UMKM di Kabupaten Sleman, sehingga UMKM semakin berkembang dan dikenal masyarakat.

"Saya juga berharap para pegawai di lingkup Pemda Sleman dapat memanfaatkan Ramadhan Great Sale ini untuk membeli kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya dengan produk-produk IKM Sleman. Terlebih kegiatan ini merupakan wujud apresiasi dan kepedulian kita terhadap produk industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di Sleman," kata Kustini.

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Mae Rusmi mengatakan bahwa Ramadhan Great Sale 2022 diselenggarakan selama dua bulan, yakni mulai 1 April hingga 31 Mei 2022.

"Ramadhan Great Sale tahun ini mengusung slogan 'Borong Bareng Produk Sleman'," katanya.

Mae berharap kegiatan ini dapat semakin mengenalkan produk IKM di Kabupaten Sleman. Selain itu juga sekaligus menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Dengan diselenggarakan Ramadhan Great Sale diharap dapat mengangkat kembali pelaku usaha, yang biasanya di Bulan Ramadhan menjadi berkah, namun pada tiga tahun terakhir 'off'. Namun sekarang kita dapat membuat event Ramadhan Great Sale kembali," katanya.

Baca juga: Hadirkan teknologi terintegrasi, ESB dorong kemajuan digital UMKM

Selain itu, kata dia, diharapkan acara ini juga dapat meningkatkan penggunaan produk Sleman di lingkungan pejabat Sleman.

"Ramadhan Great Sale 2022 ini diikuti 95 IKM dengan total 446 produk. Kegiatan ini dapat dikunjungi baik secara luring atau pun daring," katanya.

Menurut dia, untuk kegiatan luring (offline) dilaksanakan di Galeri Upakarti Sleman dan Galeri Dekranasda Sleman, diikuti sebanyak 65 IKM dengan 358 produk.

"Sedangkan kegiatan daring (online) diikuti 30 IKM dengan 88 produk dan dapat diakses melalui website slemanexpo.com," katanya.

Ramadhan Great Sale 2022 ini juga bekerja sama dengan Bank BPD DIY yang turut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati fasilitas khusus.

Dengan melakukan transaksi melalui QRIS di Galeri Sleman, masyarakat akan memperoleh "cashback" sebanyak 50 persen. Fasilitas ini dapat dinikmati mulai dari 1 April-31 Mei 2022.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022