Punakha, Bhutan (ANTARA News) - Raja Bhutan yang sangat terkenal, menikahi mahasiswi berusia 21 tahun dari kalangan rakyat biasa, Kamis, dalam upacara meriah yang menampilkan kekayaan budaya Buddha negara terpencil di dunia ini.

Di tengah asap dupa dan doa dari para pendeta Buddha, Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, yang berusia 31 tahun, menganugerahi mahkota untuk ratunya pada akhir rangkaian upacara di biara Abad Ke-17 yang dijaga ketat.

Setelah upacara singkat pensucian, mereka berjalan beriringan tangan dan tersenyum, lalu memasuki biara tempat upacara peresmian.

"Raja Naga", tamatan Oxford yang naik tahta pada 2008 menikahi Jetsun Pema, putri seorang pilot pesawat yang sangat cantik sehingga raja mabuk kepayang kepadanya.

"Sejak hari raja mengumumkan pernikahannya, kami telah bergembira," kata anggota parlemen Jagar Dorji kepada AFP.

Prosesi pernikahan mereka ditayangkan langsung ke seluruh negara berpenduduk 700.000 jiwa itu.

"Bisa dipastikan kebahagiaan kami bertambah," demikian kelakar Karma Tshiteem, kepala Komisi Kebahagiaan Nasional Bruto.

"Ini adalah hari istimewa buat seorang orang Bhutan," kata ibu rumah tangga yang berusia 32 tahun, Tshering Lhamo di ibu kota Bhutan, Thimphu.(*)

C003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011