Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan pemerintah Indonesia akan mengakomodasi proses pergantian Duta Besar Malaysia untuk RI dalam waktu dekat.

Rencana pergantian duta besar itu sempat menjadi salah satu pembicaraan yang disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob beserta delegasinya melakukan kunjungan kerja dan disambut Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

"Tadi di dalam pembicaraan juga Perdana Menteri Malaysia menyampaikan mengenai masalah usulan untuk duta besarnya, Bapak Presiden menyampaikan bahwa untuk pengusulan duta besar memang di Indonesia prosesnya melalui parlemen," kata Menlu dalam wawancara selepas acara seperti disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat.

Baca juga: Menlu: MoU perlindungan PMI di Malaysia buah negosiasi enam tahun

Menlu menyatakan bahwa pemerintah Indonesia tetap taat menunggu proses yang dijalankan di DPR RI dan yakin bahwa pergantian Dubes Malaysia untuk RI bisa selesai dalam waktu dekat.

PM Ismail Sabri, dalam jumpa pers bersama Presiden Jokowi selepas pertemuan, juga sempat mengungkapkan bahwa isu pergantian Dubes Malaysia untuk RI sudah disampaikan ketika keduanya bertemu empat mata.

"Dalam perjumpaan empat mata, mengenai pelantikan Dubes Malaysia untuk Indonesia, saya mengucapkan terima kasih karena telah setuju menyegerakannya," kata PM Ismail Sabri.

Sebagai informasi Dubes Malaysia untuk RI saat ini adalah Zainal Abidin Bakar yang menjabat sejak Maret 2019 menggantikan Zahrain Mohamed Hashim.

Sebelumnya pada 6 Oktober 2021, ANTARA sempat memberitakan bahwa pemerintah Malaysia dikabarkan segera menunjuk anggota parlemen UMNO dari Pasir Salak Negara Bagian Perak, Tajuddin Abdul Rahman, sebagai duta besar baru Malaysia untuk Indonesia.

Sumber ANTARA di salah satu kementerian di Kuala Lumpur menceritakan beredarnya informasi tersebut dalam sebuah diskusi namun kebenarannya masih perlu dipastikan.

Tajuddin, turut serta dalam rombongan yang mendampingi PM Ismail Sabri dalam kunjungan kerja dan bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jumat.

Selain Tajuddin turut pula mendampingi PM Ismail Sabri yakni Menteri Sumber Daya Manusia Saravanan Murugan, Menteri Komunikasi dan Multimedia Annuar Musa, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Mahdzir Khalid dan Wakil Menteri Luar Negeri Kamarudin Jaffar.

Baca juga: Menlu RI, Kenya resmikan pembukaan Kedubes Kenya di Jakarta
Baca juga: Presiden Mesir undang Presiden Jokowi hadiri COP27

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022