... modus pembakaran ATM di Sleman, Bandung, Makassar dan Manado tersebut memiliki kemiripan...
Yogyakarta (ANTARA News) - Adakah kasus pelanggaran hukum --di antaranya pembakaran-- terhadap ATM di sejumlah tempat belakangan ini saling terkait? Masih belum diketahui, namun Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta memperdalam investigasi terhadap kasus pembakaran ATM BRI di Jalan Afandi, Kabupaten Sleman, Jumat (7/10).

Sebelumnya kasus serupa terjadi di Makassar, Bandung, dan Manado.

"Di Bandung pembakaran ATM terjadi pada April 2011, kemudian Makassar, Maret 2011 dan Manado, April 2011," kata Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, AKBP Anny Pudjiastuti, Jumat.

Menurut dia, modus pembakaran ATM di Sleman, Bandung, Makassar dan Manado tersebut memiliki kemiripan, sehingga penyidikan terus diperdalam dengan pemeriksaan saksi maupun tersangka serta dengan jajaran kepolisian di wilayah setempat.

"Selain itu tersangka kasus pembakaran ATM di Sleman BA (30) merupakan warga Bandung, Jawa Barat dan tersangka utama atau eksekutor pembakaran yang hingga saat ini belum tertangkap yakni KL merupakan warga Makasar. Sementara satu tersangka lagi RR (28) merupakan warga Kalimantan Timur," katanya.

Ia mengatakan, dua tersangka yakni BA dan RR saat ini masih terus menjalani penyidikan di Polda DIY dan keduanya dijerat dengan undang-undang teroris karena telah melakukan tindakan anarki dan menyebar ancaman.

"Sementara ini dua tersangka dijerat melanggar Pasal 7 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Terorisme Sub Pasal 187 ayat 1 (e) KUHP karena melakukan kejahatan berbahaya dan perusakan," katanya.

Anny mengatakan, dalam aksi tersebut BL (30) bertugas menyebar teror dan RR (28) bertugas membuat selebaran dan memonitor pembakaran.

"Sedangkan tersangka KL yang menjadi eksekutor pembakaran masih terus dikejar, sedangkan barang bukti berupa kartu pers indonesiaekspresnews.com atas nama Roni besar kemungkinan palsu," katanya.

Ia mengatakan, BL sehari-hari bekerja sebagai freelance disain grafis dan RR freelance penerjemah.

"Sedangkan uang dalam boks ATM BRI yang dibakar senilai Rp50,6 juta masih utuh dan tidak ikut terbakar," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011