Latihan bersama itu merupakan wujud kerja sama strategis dua negara khususnya di bidang militer.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, dan Sekretaris Angkatan Laut Amerika Serikat, Carlos Del Toro, sepakat menggelar latihan bersama antara Korps Marinir TNI AL dan Korps Marinir AS.

"Latihan bersama itu merupakan wujud kerja sama strategis dua negara khususnya di bidang militer," kata Margono, sebagaimana dikutip dari siaran tertulis TNI AL yang diterima di Jakarta, Minggu. TNI AL akan mengirim prajurit yang berpengalaman dalam operasi untuk bergabung dalam kegiatan latihan. Ia berharap personel Korps Marinir TNI AL dapat menerima manfaat dari latihan itu.

Baca juga: Kasal: TNI AL tingkatkan kerja sama strategis dengan AS

Ia mengunjungi Washington DC, Amerika Serikat sejak 30 Maret 2022, dan ia telah bertemu dengan Kepala Operasi Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Mike Gildey, Rabu (30/3), di Pentagon dan Del Toro, Kamis (31/3).

Dalam pertemuan dengan Del Toro, Margono juga membahas peningkatan kerja sama di bidang pendidikan, antara lain penambahan jumlah perwira TNI AL penerima beasiswa di Sekolah Staf Angkatan Laut Amerika Serikat (Naval Staff College/NSC) dan Sekolah Komando Angkatan Laut Amerika Serikat (Naval Command College/NCC) di Rhode Island, serta beasiswa pendidikan di Universitas Pertahanan Nasional (National Defense University) --setingkat Lemhannas-- di Washington DC.

Baca juga: Panglima TNI dorong kerja sama intens TNI AL dan Angkatan Laut Korsel

Dua pihak lanjut membahas kemungkinan Angkatan Laut AS membuka kesempatan bagi penyelam TNI AL dan penerbang TNI AL untuk mengikuti kursus atau pendidikan singkat di bidang-bidang keahlian khusus.

Del Toro dalam pertemuan itu menekankan Indonesia dan Amerika Serikat telah menjadi mitra strategis terutama dalam menjaga stabilitas di kawasan. Ia pun menyampaikan komitmennya bahwa Angkatan Laut AS berkomitmen melanjutkan kerja sama bidang pendidikan, latihan, dan alih teknologi. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Margono karena antusiasme Indonesia mengirim beberapa perwira TNI AL untuk menempuh latihan dan pendidikan di Amerika Serikat.

Baca juga: Kasal minta 2 taruna AAL di AS tunjukkan kegigihan selama pendidikan

Margono pun menyampaikan ucapan yang sama, dengan mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan Del Toro.

Tidak hanya menemui Gildey dan Carlos Del Toro, Margono lanjut mendatangi Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC. Ia dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani, membahas berbagai rencana kerja sama antara TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat demi mengantisipasi masalah keamanan dan stabilitas di kawasan serta dunia.

Baca juga: Kasal: TNI AL tingkatkan kerja sama strategis dengan AS
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022