Jakarta (ANTARA) - Olympique Marseille kembali menempati posisi kedua klasemen Ligue 1 Prancis setelah bangkit dari ketinggalan untuk berbalik menang 4-2 melawan tuan rumah St Etienne dengan gol babak kedua, Minggu malam.

Marseille yang terpaut sembilan poin dari Paris St-Germain sebelum pemuncak klasemen Liga Prancis ini menjamu Lorient, Senin dini hari ini, mengawali laga dengan baik tetapi tertinggal akibat kesalahan sendiri.

Pertahanan buruk Sead Kolasinac dan kesalahan kiper Pau Lopez membuat St Etienne menciptakan gol pembuka dari Denis Bouanga pada menit kesembilan.

St Etienne tampak seperti akan unggul jauh pada babak pertama sampai Eliaquim Mangala menjatuhkan pemain Marseille Duje Caleta-Car di dalam kotak penalti tepat sebelum turun minum. Dimitri Payet maju mengeksekusi penalti untuk mencetak gol liganya yang ke-10 selama musim ini.

Marseille mengendalikan momentum pada babak kedua dan mendapat ganjarannya ketika sapuan bek St Etienne Timothee Kolodziejczak malah masuk gawangnya sendiri untuk membuat tim tamu berbalik memimpin.

Arnaud Norin kemudian membuat St Etienne dihukum penalti karena menjatuhkan Gerson sehingga Marseille mendapatkan hadiah penalti yang kedua yang dikonversi dengan baik oleh Bamba Dieng.

Amine Harit lalu menciptakan gol keempat Marseille dengan penyelesaian yang rapi.

Lucas Gourna-Douath mencetak gol kedua St Etienne pada menit ke-86 tetapi terlambat bangkit ketika tim tamu menikmati kemenangan liga ketiga secara beruntun yang membuat St Etienne jauh terperosok pada posisi ke-18 dengan 27 poin atau satu poin dari zona aman.

Baca juga: Paulo Dybala dilaporkan ingin gabung dengan PSG

Dalam pertandingan lain, Strasbourg kembali masuk empat besar setelah menang 1-0 atas Lens berkat gol tendangan penalti Ludovic Ajorque pada menit ke-67.

Nantes naik ke posisi delapan setelah menaklukkan sepuluh pemain Clermont Foot 3-2.

Pedro Chirivella memulihkan keunggulan Nantes pada menit ke-62 yang satu menit kemudian kembali disamakan Lens lewat gol Salis Abdul Samed.

Randal Kolo Muani memastikan kemenangan Nantes pada menit ke-67. Lens kehilangan Salis Abdul Samed setelah dihukum kartu merah pada menit ke-72.

AS Monaco naik ke posisi enam setelah membungkam tuan rumah Metz dengan 2-1.

Wissam Ben Yedder membawa Monaco unggul pada menit ke-46, dan kemudian disamakan Ibrahim Amadou pada menit ke-62. Myron Boadu mencetak gol penentu kemenangan Monaco pada menit ke-72.

Brest juga menang 2-1 atas tuan rumah Montpellier. Mereka unggul 2-0 sampai dua babak normal selesai berkat gol Martin Satriano pada menit ke-69 dan Franck Honorat pada menit ke-79. Teji Savanier memberikan gol pelipur lara untuk Montpellier pada menit 90+4.

Troyes kian menjauhi zona degradasi setelah gol semata wayang Renaud Ripart pada menit 90+3 mengantarkan mereka menang 1-0 atas Stade de Reims.

Laga sengit juga terjadi ketika Lyon menang 3-2 atas Angers.

Tuan rumah Lyon memimpin berkat gol Moussa Dembele pada menit 26 dan baru disamakan pada menit ke-50 melalui gol Mathias Pereira Lage.

Lyon memulihkan keunggulan pada menit ke-52, juga dari gol Dembele. Tujuh menit kemudian Sofiane Boufal membuat Angers menyamakan kedudukan 2-2. Mateus Tete mencetak gol penentu kemenangan Lyon pada menit ke-80, demikian Reuters dan ESPN.

Baca juga: Marseille petik tiga poin usai tekuk Nice 2-1

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022