Tasikmalaya (ANTARA News) - Ratusan kios pasar tradisional Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kebakaran, Senin dini hari, diduga sumber api dari konsleting arus listrik.

Warga sekitar pasar Cineam, Lili mengatakan sempat melihat ada api dan kepulan asap ditengah-tengah pasar sekitar pukul 02.00 WIB, kemudian api terlihat semakin membesar.

Melihat ada kobaran api itu, Lili dan warga sekitar pasar lainnya berusaha memadamkan api agar tidak menjalar lebih luas ke kios pasar lainnya.

Namun upaya pemadaman kobaran api dengan sumber air seadanya sulit dipadamkan, api berhasil dipadamkan dua jam kemudian setelah datang unit mobil pemadam kebakaran.

Sementara itu Kapolsek Cineam AKP Suharda mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan tercatat dari 260 kios di Pasar Cineam sekitar 90 persen ludes terbakar.

"Untuk sumber apinya diduga dari arus pendek salah satu kios bagian tengah. Sementara dari pemeriksaan di lokasi tidak ada unsur kesengajaan," kata Suharda.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa, karena saat kejadian pasar dalam keadaan kosong tidak ada aktivitas warga atau pedagang.

Sementara pasca kebakaran, aktivitas pedagang pasar Cineam terpaksa berjualan di pinggiran jalan diluar kawasan pasar.

Sebagian pedagang lainnya hingga Senin pagi masih berusaha mencari sejumlah barang jualan dalam kios yang dinilai masih bisa dimanfaatkan.

Jumlah kerugian materi akibat peristiwa kebakaran pasar tersebut belum dapat diketahui.
(FPM)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011