Sydney (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter melanda daerah New Britain Papua Nugini (PNG), Selasa, tetapi mungkin tidak menimbulkan tsunami, kata para ahli gempa Australia.

Survai Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa itu terjadi pada kedalamam 10km, sekitar 163km timur laut bagian timur Kandrian, New Britain dan sekitar 576 km dari ibu kota Port Moresby.

Geoscience Australia, yang juga mencatat kekuatan gempa itu 6,3 skala Richter, mengatakan gempa itu terjadi dekat garis pantai.

"Penduduk yang tinggal dekat daerah gempa itu merasakan goyangan yang kuat," kata ahli gempa David Jepsen kepada AFP, dan menambahkan beberapa bangun yang rawan bisa rusak akibat gempa itu.

"Saya kira tidak akan ada tsunami (lokal)," tambahnya seperti dilaporkan AFP.

Jepsen mengatakan gempa berkekuatan seperti itu biasa melanda daerah New Britain, Papua Nugini yang terletak pada apa yang disebut "Pacific Ring of Fire", lokasi panas bagi kegiatam gempa karena pergeseran lempeng-lempeng tektonik.

Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter yang menghantam negara itu Jumat tetapi tidak ada laporan-laporan tentang kerusakan di negara pulau Pasifik yang miskin itu.

Satu tsunami raksasa tahun 1998, yang disebabkan gempa di bawah laut atau tanah longsor menewaskan lebih dari 2.000 orang dekat Attape di pantai barat laut negara itu.
(ANT)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011