Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Selasa malam secara resmi mengumumkan Prof Dr Gusti Mohammad Hatta sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Pria yang sebelumnya menjabat Menteri Lingkungan Hidup itu kini menggantikan Suharna Surapranata dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai Menristek.

Rektor Universitas Cenderawasih Berth Kambuaya dipercaya oleh Presiden menggantikan Gusti Mohammad Hatta sebagai Menteri Lingkungan Hidup.

Jika sebelumnya pakar lingkungan itu berkutat pada bagaimana menghukum para penjahat lingkungan khususnya penebang hutan ilegal sampai mengurusi berbagai pertemuan internasional mengenai karbon, kini ia akan banyak mengurusi pengembangan sistem inovasi yang telah dirintis menteri sebelumnya.

Gusti yang lahir di Banjarmasin 1 September 1952 sebelum menjabat menteri LH merupakan Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan.

Setelah lulus dari fakultas kehutanan universitas tersebut ia meraih gelar Magister Sains Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada, dan Doktor dari Universitas Wageningen, Belanda.

Sebelumnya Menristek yang digantikannya, Suharna Surapranata sejak siang sudah bersiap-siap meninggalkan kantornya di Jalan Thamrin dan berpamitan kepada para pegawai Kemristek. (D009/S012)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011