Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Rabu.

Rilis pers diterima ANTARA di Palembang menyatakan potensi hujan diprakirakan terjadi dengan intensitas sedang - lebat berdurasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Banyuasin, Lahat, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Pagar Alam, Palembang dan Prabumulih.

Sementara pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah Banyuasin, Lahat, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKU, OKU Selatan, Pagar Alam, Palembang dan Prabumulih.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan di Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, PALI, OKI dan OKU Timur.

Baca juga: BMKG: Warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai petir

Baca juga: BMKG: Sumsel diprakirakan alami hujan ringan hingga hujan petir


Sementara pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan; potensi hujan ringan - sedang di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan dan udara kabur hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin dan OKI.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 °C, kelembapan udara 55 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 32 °C, kelembapan udara 60 persen - 100 persen.

Angin dari Barat Daya - Timur Laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Galasa 0,5 - 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan. Arah angin dari Selatan – Barat Daya dengan kecepatan 5 - 30 km/jam.*

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat siang hingga malam di Sumsel

Baca juga: 495 rumah warga di Baturaja Sumsel diterjang banjir

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022