Lombok Tengah, NTB (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTB) sedang menata jalur pendakian Gunung Rinjani agar jaraknya tempuh lebih singkat, guna menggaet wisatawan sebanyak mungkin berkunjung ke daerah itu.

"Di sebelah utara wilayah Kabupaten Lombok Tengah akan ditata `trekking` menuju Gunung Rinjani, sehingga untuk mencapai Danau Segara Anak hanya membutuhkan waktu delapan jam, biasanya sampai sepuluh jam," kata Bupati Lombok Tengah Suhaili FT.

Bupati Suhaili mengatakan, jalur pendakian yang sedang ditata itu dimulai dari areal bekas perkebunan kopi pemerintahan Hindia Belanda seluas 350 hektare, di kaki Gunung Rinjani yang terletak sebelah utara wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Di areal itu tengah dibangun kawasan perhotelan dan infrastuktur pendukung pariwisata lainnya, dan akan dilanjutkan dengan penataan jalur pendakian.

"Jadi, wilayahnya kami (Lombok Tengah) di tengah-tengah, lurus dengan arah Danau Segara Anak, sehingga bisa ditempuh hanya delapan jam perjalanan, dan itu waktu terdekat," ujarnya.

Pada Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut, atau berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut.

(A058/B/I006)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011