Jayapura (ANTARA News) - Aparat keamanan gabungan dari TNI dan Polri masih kerap melepaskan tembakan di Abepura, Jayapura, Papua, Rabu.

Tembakan dilepaskan aparat keamanan sebagai peringatan dan untuk membubarkan kerumunan orang di sepanjang jalan menuju Waena karena dinilai menghambat kerja aparat dalam menjalankan tugas pengamanan setelah dibubarkannya Kongres III Papua.

Wartawan ANTARA Jayapura melaporkan, ribuan aparat gabungan dengan bersenjatakan lengkap masih terus berjaga-jaga mulai dari Abepura hingga menuju Waena, guna mengantisipasi adanya aksi anarkis.

Tanpak mobil baracuda milik TNI dan Polri terus lalu lalang menuju tempat berlangsungnya kongres Papua tiga yang berlangsung di lapangan SMP Misi, Padang Bulan, Jayapura.

Hingga berita ini diturunkan, arus lalu lintas di Abepura padat merayap karena beberapa ruas jalan terpaksa harus ditutup guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara pertokoan dan swalayan memilih untuk tidak beraktifitas karena situasi Abepura dan sekitarnya saat ini mencekam.

Diketahui, dibubarkannya Kongres Papua III oleh gabungan aparat TNI dan Polri karena dinilai makar.

Dari pembubaran itu, sekitar puluhan peserta kongres diamankan karena dinilai melawan.

(KR-ALX/E001)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011