Jakarta (ANTARA) - Legenda Dallas Mavericks Dirk Nowitzki masih dinobatkan masuk ke dalam tim terbaik NBA dekade 2010-an versi kantor berita AP yang dirilis pada Rabu.

Nowitzki menjadi satu-satunya pemain yang sudah pensiun dan masuk ke dalam tim terbaik 2010-an versi AP tersebut, demikian dikutip dari situs resmi NBA.

Pebasket asal Jerman itu bersanding dengan nama-nama lain yang saat ini masih bertarung di NBA seperti megabintang Los Angeles Lakers LeBron James, Kevin Durant (Brooklyn Nets), Stephen Curry (Golden State Warriors) dan James Harden (Philadelphia 76ers).

Baca juga: Nowitzki terbuka dengan kemungkinan jadi pelatih

Nowitzki memutuskan pensiun pada 2019 lalu untuk menutup karier gemilangnya selama 21 tahun di NBA, yang menginspirasi banyak tim berbondong-bondong mencari bakat dari Eropa demi mendapatkan penerus Dirk Nowitzki.

Dengan gerakan khas tembakan fadeaway yang belakangan banyak ditiru oleh banyak pemain, Nowitzki merupakan salah satu pionir pebasket dengan tinggi badan tujuh kaki (sekira 213 cm) yang rajin melepaskan tembakan tripoin.

Puncak karier Nowitzki dihabiskan di era 2000-an saat menjadi Pemain Terbaik (MVP) NBA pada 2007, tetapi kemampuannya masih terlihat di era 2010-an di mana ia mengantarkan Mavericks juara NBA 2011 sembari menyabet gelar MVP Final.

Nowitzki saat ini masih menempati peringkat keenam top skor NBA sepanjang masa dengan total 31.560 poin dan namanya masuk ke dalam tim khusus peringatan 75 tahun NBA.

Di dalam jajaran tim terbaik NBA 2010-an versi AP hanya Harden yang belum memiliki cincin juara NBA dan ia masih berpeluang mewujudkan mimpinya itu bersama Sixers, yang sudah mengunci tiket playoff musim ini dan sementara menempati posisi keempat Wilayah Timur dengan catatan menang kalah 49-30.

Baca juga: Dirk Nowitzki resmi pensiun

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022