Jakarta (ANTARA) - Augsburg kian menjauhi zona degradasi Bundesliga setelah menang 2-1 atas tim papan Mainz dalam pertandingan liga di kandang sendiri di WWK Arena, Augsburg, Rabu (Kamis dini hari WIB).

Florian Niederlechner langsung mengancam gawang Mainz saat pertandingan mulai namun sundulannya melenceng dari gawang, sedangkan Andre Hahn membuka peluang pertama untuk Mainz namun dia juga meleset dari sasaran.

Mainz yang berambisi finis enam besar musim ini selalu kebobolan paling tidak satu gol ketika menghadapi Augsburg dalam 10 pertemuan kedua klub sebelumnya.

Ketika penjaga gawang Robin Zentner menguasai bola dan kemudian melanggar Niederlechner, Augsburg mendapatkan peluang emas untuk memperpanjang catatan itu.

Jeffrey Gouweleeuw maju menjadi eksekutor penalti walaupun tak pernah mengambil penalti untuk Die Fuggerstadter. Tapi hasilnya sangat meyakinkan ketika dia mengecoh Zentner ke arah yang salah sehingga tuan rumah Augsburg unggul 1-0.

Mainz tersentak dan hampir saja menyamakan kedudukan kalau saja tendangan Jonathan Burkardt melebar dari gawang Augsburg.

Baca juga: Sommer selamatkan Gladbach, Augsburg menang 3-0

Cuma memetik dua poin dari delapan pertandingan tandang sebelumnya, Mainz meningkatkan tempo permainan pada babak kedua.

Jonathan Michael Burkardt meneror pertahanan tuan rumah, sementara Jean-Paul Boetius akhirnya mengambil keuntungan dengan assistnya yang tepat kepada Silvan Widmer yang dengan tendangan satu sentuhan menyamakan kedudukan 1-1.

Namun dua menit kemudian pada menit ke-56, pemain pengganti Ruben Vargas memulihkan keunggulan tuan rumah dari tendangan voli yang meneruskan sepak pojok yang dikirimkan oleh Daniel Caligiuri.

Dukungan membahana dari penonton tuan rumah memaksa Augsburg untuk terus menekan lawan dan Vargas hampir menciptakan gol keduanya ketika tendangan melengkung dari dalam kotak penalti diblok oleh Zentner.

Tetapi Mainz sendiri tak mau menyerah. Mereka masih membuat tuan rumah berdegup jantungnya manakala umpan silang Karim Onisiwo mencapai kaki Anton Stach di depan gawang, namun Stach gagal mengonversinya menjadi gol.

Sebaliknya penyelamatan luar biasa dari kiper tuan rumah Rafal Gikiewicz akhirnya memastikan Augsburg naik ke peringkat 13 klasemen dengan 32 poin atau enam poin di atas tempat playoff degradasi. Mainz sendiri tetap urutan 10 dengan 38 poin, demikian laman Bundesliga.

Baca juga: Gilas Freiburg 4-1, Bayern kian kukuh puncaki Liga Jerman

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022