Jenewa (ANTARA News/AFP) - Palang Merah Internasional (ICRC)  menunjuk seorang pejabat penting dinas luar negeri Swiss, Peter Maurer, sebagai pemimpinnya mendatang guna menggantikan pemimpin yang masih menjabat, Jakob Kellenberger.

Kellenberger, yang telah jadi Presiden ICRC sejak 2000, "telah menyampaikan keinginannya untuk pensiun pada akhir masa jabatan ketiganya sebagai kepala organisasi itu", demikian pernyataan ICRC.

"Di bawah kepresidenan Kellenberger, ICRC telah meluaskan operasinya dan memperluas cakupannya untuk meningkatkan pelayanan kemanusiaan yang mereka berikan pada korban konflik bersenjata dan kekerasan lainnya," kata ICRC.

"Selain itu, ICRC secara signifikan telah menginternasionalkan dan menggolong-golongkan staf-stafnya, di markas besar dan di lapangan, agar dapat memberi lebih cepat, lebih profesional dan lebih pantas tanggapan kemanusiaan dalam keadaan darurat yang kompleks," kata pernyataan tersebut.

Maurer akan menerima tugasnya pada 1 Juli 2012.

Ia, sekarang ini sekretaris negara untuk urusan luar negeri Swiss, masuk dinas diplomatik pada 1987 dan ditunjuk sebagai duta besar untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada 2004.
(Uu.S008/H-AK)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011