Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo Subianto lebih mengutamakan tugas dan fungsinya sebagai Menteri Pertahanan dibandingkan "gimmick" politik yang tujuannya hanya untuk kepentingan elektoral dan survei politik.

Menurut dia, Prabowo memahami bahwa kepentingan negara lebih utama karena kondisi geopolitik dunia saat dalam ketidakpastian akibat perang Rusia-Ukraina.

"Yang dikerjakan Pak Prabowo sebagai Menhan adalah untuk menguatkan basis pertahanan Indonesia. Fenomena perang Rusia-Ukraina menyebabkan banyak negara-negara di dunia merasa ada ancaman yang sama, bahwa kapan pun negara kita bisa dalam ancaman," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Gibran Rakabuming dan Ahmad Muzani bertemu bahas politik

Hal itu dikatakan Muzani saat menghadiri Konsolidasi Kader Gerindra se-Solo Raya di Hotel Lor In, Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Dia mengatakan posisi Menhan sangat penting dalam menjaga pertahanan negara sehingga Prabowo menyadari bahwa kepentingan negara lebih penting daripada elektoral pribadi.

"Pak Prabowo lebih mementingkan penguatan pertahanan Indonesia dibandingkan meningkatkan survei-survei," ujarnya.

Muzani menjelaskan saat ini di media sosial banyak tokoh yang lebih mengedepankan "entertain" daripada substansi. Hal itu, menurut dia, mengakibatkan seolah rakyat dihibur, tapi persoalan substansi seperti kemiskinan, pengangguran, dan lainnya yang dihadapi rakyat tidak tersentuh.

Baca juga: Muzani nilai Jatim basis suara potensial Gerindra

"Itu sebabnya Pak Prabowo lebih memilih substansi daripada sekadar seremoni. Beliau lebih memilih untuk melakukan diplomasi pertahanan dengan banyak negara dunia untuk penguatan pertahanan dan kekuatan militer kita," katanya.

Menurut dia, Prabowo berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan Presiden Jokowi seperti jalan tol, waduk, bendungan, pelabuhan, bandara, dan sentra-sentra industri.

Dia mengatakan semua itu adalah sumber kemakmuran yang bisa menjadi kekuatan ekonomi Indonesia pada masa depan.

"Pak Prabowo berkomitmen untuk menjadikan semua yang dibangun Pak Jokowi sebagai sumber kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Ini hanya mungkin dilakukan oleh seseorang yang mengerti tentang masalah ini," ujarnya.

Baca juga: Riza sebut pergantian Taufik di DPRD DKI atas perintah DPP Gerindra

Selain itu Muzani berpesan agar seluruh kader Gerindra tidak perlu meragukan tentang kepastian Prabowo maju atau tidak pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut dia, apa yang selama ini dilakukan Ketua Umum Gerindra itu sebagai Menteri Pertahanan semata-mata untuk bangsa dan negara.

Dalam acara Konsolidasi Kader Gerindra se-Solo Raya itu, Muzani didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Gus Irfan Yusuf Hasyim, Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid, Ketua OKK DPP Gerindra Prasetyo Hadi, anggota DPR RI Fraksi Gerindra Sudewo, dan jajaran DPRD Gerindra se-Jateng.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022