Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengharapkan Wakil Menteri Keuangan yang dipilih Presiden, Mahendra Siregar dapat segera fokus untuk membantu kinerja menteri dalam mengelola keuangan negara.

"Jadi tentu tugas daripada menteri keuangan akan lebih fokus karena kalau seandainya untuk menjalankan tugasnya dan menteri Keuangan itu berhalangan, tentu bisa ditangani oleh Wamenkeu I atau Wamenkeu II," ujarnya.

Menkeu menjelaskan Mahendra Siregar akan menjalankan tugas sebagai Wakil Menteri Keuangan II yang bertanggung jawab atas lingkup Badan Kebijakan Fiskal, Bapepam LK, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, serta Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPKP).

"Masing-masing wakil menteri diberikan satu lingkup tugas atau portofolio untuk melakukan supervisi," ujarnya.

Sedangkan, Wakil Menteri Keuangan I Anny Ratnawati akan melakukan supervisi kepada Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang.

"Di situ lingkup disiplin anggaran, jadi anggaran dari perencanaan, sampai ke pencairan dan pertanggungjawaban itu semua ada di Wamenkeu I," ujar Menkeu.

Sementara, Menteri Keuangan akan membawahi langsung Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Sekretariat Jenderal dan Inspektorat Jenderal.

"Keseluruhannya adalah cerminan dari Kementerian Keuangan, kalau di situ ada Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, ada Setjen dan Itjen itu langsung ke Menkeu," ujar Agus Martowardojo. (ANT)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011