Jakarta (ANTARA News) - Kemenpora mengharapkan sekitar 100.000 pemuda menghadiri "Indonesian Youth & Sport Festival" (Festival Pemuda dan Olahraga Indonesia) di lingkar luar Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu-Minggu, 22-23 Oktober 2011 yang akan diisi berbagai kegiatan dan pameran.

"Diharapkan ada lautan pemuda. Animo pemuda untuk berpartisipasi di ajang ini terbukti sangat tinggi. Mengutip data panitia, seluruh `stan` yang disediakan praktis sudah habis dipesan. Mereka tidak cuma berasal dari Jabodetabek, tetapi juga dari dari berbagai daerah di Indonesia," kata Deputi Pemberdayaan Pemuda Alfitra Salam, di Jakarta, Jumat, mengenai kegiatan tersebut.

Pada kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut antara lain akan dilakukan beragam aktivitas seperti pameran, panggung yang akan diisi artis-artis terkenal, berbagai final lomba, serta sepeda santai.

Kemenpora menyediakan 400 "stan" gratis untuk menampung karya-karya unggulan pemuda Indonesia dari berbagai daerah, di samping "stan" pendukung dari komunitas industri kreatif serta industri olahraga. Bahkan 23 "stan" sudah dipesan oleh alumni program pelatihan kepemimpinan kapal pemuda Asia Tenggara-Jepang.

Sementara final lomba yang akan diselenggarakan antara lain adalah lomba musik jalanan, pidato dan debat, marawis, band pemuda, hingga tarian modern. Selain itu akan dipamerkan 1.000 karya hasil lomba foto seluler.

Di panggung hiburan sejumlah grup musik dan artis muda akan tampil bergantian antara lain Lyla, Saykoji, Five Minutes, The Cash (Tora Sudiro, Vincent, Desta), Gruvi, hingga Ayu Ting Ting.

Sementara kegiatan terkait olahraga yang akan diadakan antara lain layang-layang olahraga, "juggling" bola, "archiperobic", pemandu sorak, klinik pelatihan sepak bola, dan sepeda santai.

"Pendeknya ini pestanya anak muda. Wadah buat mereka untuk berekspresi, menyalurkan bakat dan prestasi," katanya.

Ia mengatakan penyelenggaraan festival tersebut tidak terlepas dari ketiadaan ajang multikegiatan yang mewadahi beragam aktivitas kepemudaan. Di sisi lain tidak sedikit anak muda Indonesia yang mampu menorehkan prestasi internasional di bidang kepemudaan, pendidikan dan olahraga.

Sementara itu acara puncak Sumpah Pemuda ke-83 akan diadakan Stadion Siliwangi, Bandung, yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

(T.U002/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011