Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membentuk tim khusus pengamanan Ramadhan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Jumat mengatakan, pembentukan tim khusus ini sesuai dengan Tupoksi Polri pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang pelayan, pelindung, pengayom masyarakat dan memelihara harkamtibmas serta kamseltibcarlantas.

Tim tersebut dibentuk untuk menciptakan kondisi keamanan dalam rangka bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah supaya masyarakat OKU dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Dia menjelaskan, tim yang terdiri dari Satreskrim, Intelkam, Satlantas dan unit lainnya di Polres OKU ini akan melaksanakan tugas menjaga keamanan mulai dari habis sahur sampai pagi setelah subuh.

Kemudian, pada sore hari petugas juga akan melaksanakan patroli di seputaran pasar bedug taman kota dan sekitarnya dan jalan-jalan raya yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menunggu waktu berbuka.

"Pada sore dan subuh kami juga mengantisipasi kegiatan remaja yang sering melakukan balap liar di beberapa ruas jalan yang membahayakan dan mengganggu pengguna jalan lainnya,” jelasnya.

Selain menggunakan kendaraan roda dua dan empat, lanjut dia, polisi juga melakukan patroli dengan berjalan kaki.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah tarawih di sejumlah masjid di wilayah itu.

Disamping itu, tim khusus ini tetap melaksanakan patroli di area pemukiman dan perumahan penduduk yang dianggap perlu pemantauan agar tidak terjadi tindak kejahatan dan kriminalitas.

Masyarakat yang membutuhkan kehadiran atau bantuan polisi diminta untuk segera menghubungi Call Center Polres OKU di nomor telepon 110 atau menghubungi kantor kepolisian terdekat.

"Termasuk jika masyarakat membutuhkan pengawalan saat membawa uang dalam jumlah banyak dari bank, kami siap membantu," ujarnya.

Baca juga: Kakorlantas: Pengamanan arus mudik Lebaran harus dilakukan serius
Baca juga: Polisi tangkap genk motor di Makassar pada awal Ramadhan


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022