ini bukti respon baik dan empati dari Pemprov Jambi
Padang (ANTARA) -
Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan bantuan sebanyak Rp125 juta untuk korban gempa di Pasaman dan Pasaman Barat yang saat ini masih banyak tertahan di pengungsian.
 
"Selaku orang badunsanak, ketika kami mendengar kabar duka gempa di Sumbar, kami mengumpulkan bantuan yang mungkin tak besar nilainya," ujar Gubernur Al Haris di Padang, Minggu.
 
Ia mengatakan rencana untuk mengantarkan bantuan tersebut sudah agak lama, tapi baru bulan Ramadhan bisa terealisasi.
 
Penyerahan bantuan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Pasaman Benny Utama dan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

Baca juga: Masuk Ramadhan, murid di lokasi gempa Pasaman Barat belajar di tenda
 
Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan perhatian Gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi Jambi yang telah mengantarkan langsung bantuan tersebut jauh-jauh dari Jambi.
 
"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian, perhatian, serta bantuan yang pak Gubernur serahkan kepada kami hari ini. Ini bukti respon baik dan empati dari Pemprov Jambi, meski menempuh perjalanan jauh, namun tetap hadir ke Sumbar. Mudah-mudahan kehadiran rombongan dari Jambi akan bernilai ibadah," katanya.
 
Ia juga menyampaikan kondisi terkini di lokasi bencana gempa sudah melawati masa tanggap darurat dan saat ini tengah melaksanakan rehab rekon dengan membangun hunian sementara rumah warga yang rusak.
 
Pemprov Sumbar juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak.
 
"Kehadiran Pak Gubernur Jambi, beserta rombongan seperti obat dahaga bagi korban gempa. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini bisa langsung dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat untuk warga yang terdampak," kata Mahyeldi.

Baca juga: BNPB tekankan pentingnya ketahanan wilayah di sempadan sesar
 
Sementara Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengatakan bantuan yang diberikan akan segera didistribusikan dan dimanfaatkan untuk pembangunan huntara yang paling dibutuhkan oleh pengungsi saat ini.
 
Hal serupa juga disampaikan Bupati Pasaman melalui Asiaten I Asrizal. Menurutnya, bantuan tersebut akan meringankan beban masyarakat yang masih terjebak di pengungsian.
 
Turut hadir dari Pemprov Sumbar, Kalaksa BPBD Sumbar Jumaidi, Kadinsos Arry Yuswandi dan Ka. Biro Adpim Maifrizon.
 
Tampak juga mendampingi Gubernur Jambi, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Ariansyah, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan, Husairi, Kadis Sosdukcapil Arif Munandar, Kadis Ketahanan Pangan, Kadinkes, Kadispora, Kalaksa BPBD, Ka.Biro Adpim dan Ketua Baznas Provinsi Jambi, Hasan Basri.

Baca juga: Sumbar upayakan pengungsi korban gempa Pasaman dapat huntara

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022