Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memastikan anak Serda Fredrik Lumowa yang lahir dalam kondisi kembar siam segera menjalani operasi pemisahan di Manado, Sulawesi Utara, dibantu oleh dokter dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Dudung saat menjenguk kembar Joana dan Jovalin pada sela-sela kunjungan kerjanya ke Markas Kodam XIII/Merdeka di Manado, Sulawesi Utara, Senin, menyampaikan dua putri Serda Fredrik Lumowa itu akan menjalani operasi pemisahan pada 21 April 2022.

“Kami semua mendoakan keduanya selalu diberi kesehatan, keselamatan, dan operasi yang akan dilaksanakan berjalan aman serta lancar,” kata Kasad ke Serda Fredrik sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Kasad menjenguk putri kembar siam Serda Fredrik akan dioperasi

Serda Fredrik merupakan prajurit TNI Angkatan Darat yang bertugas di Kodim 1302/Minahasa.

Dudung kepada orang tua kembar Joana dan Jovalin menyampaikan ia telah memerintahkan RS Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) untuk mengirim dokter spesialisnya membantu operasi pemisahan yang berlangsung di RSUP Prof. Kandou Malalayang, Manado.

Dokter spesialis dari RSPAD Gatot Subroto sejauh ini telah menjalin komunikasi yang intens dengan dokter dari RSUP Prof. Kandou Malalayang membahas kondisi dua putri Serda Fredrik, Dudung menjelaskan.

Baca juga: Kasad tanggung biaya sekolah dua putra babinsa yang tertembak di Papua

“Awalnya, (Joana dan Jovalin) akan dibawa ke RSPAD. Namun, karena sudah dirawat sejak kecil di sini sehingga dokter di sini lebih paham kondisi, dan rumah sakit di sini mampu melaksanakan operasi tersebut,” kata Dudung yang menyempatkan diri berinteraksi bersama anak kembar tersebut.

Dalam pertemuan itu, Serda Fredrik beserta istrinya, Marcela Amelia Sumakul, menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan bantuan Kasad kepada dua putrinya, yaitu Joana dan Jovalin yang saat ini berusia 2 tahun 3 bulan.

“Kami sekeluarga sangat terharu. Terima kasih Bapak Kasad dan Ibu yang telah datang melihat putri kami. Ini hal yang luar biasa bagi kami sekeluarga, dan menjadi doa bagi keselamatan serta kesehatan anak kami,” kata Fredrik sebagaimana dikutip dari siaran tertulis yang sama.

Baca juga: Kasad ingatkan prajurit TNI AD hadir bantu atasi kesulitan rakyat

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022