Kasad ingatkan prajurit TNI AD hadir bantu atasi kesulitan rakyat

Kasad ingatkan prajurit TNI AD hadir bantu atasi kesulitan rakyat

Tangkapan layar Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan perintah hariannya kepada prajurit TNI AD dan pegawai ASN di lingkungan TNI AD sebagaimana disiarkan oleh kanal Youtube Penerangan Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) TNI AD di Jakarta, Senin (14/2/2022). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Tunjukkan jati diri TNI Angkatan Darat sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan kembali seluruh prajurit dan pegawai ASN di lingkungan TNI AD agar selalu hadir membantu mengatasi berbagai kesulitan rakyat.

Menurut dia, prajurit harus selalu hadir karena TNI Angkatan Darat berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

"Bangsa Indonesia masih dilanda berbagai permasalahan mulai dari masalah pandemi COVID-19, bencana alam, ancaman radikalisme, serta permasalahan kebangsaan lainnya," kata Kasad sebagaimana dikutip dari unggahan kanal Youtube Penerangan Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) TNI AD di Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, Kasad meminta seluruh prajurit TNI Angkatan Darat dapat membantu masyarakat menghadirkan solusi demi mengatasi berbagai persoalan.

Instruksi itu pun jadi satu dari tujuh perintah harian Kasad kepada jajarannya di TNI Angkatan Darat.

Perintah harian itu, kata Dudung, harus dapat dipahami, dipedomani, dan dilaksanakan seluruh prajurit dan pegawai ASN TNI AD.

"Prajurit TNI Angkatan Darat selain terus berupaya meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit juga harus turut aktif membantu pemerintah bersama komponen bangsa lainnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih makmur dan sejahtera," kata Jenderal Dudung kepada jajarannya.

Di samping membantu rakyat, Kasad juga memerintahkan prajurit TNI AD untuk menerapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI di mana pun bertugas dan berada.

"Tunjukkan jati diri TNI Angkatan Darat sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," kata Dudung.

Perintah lainnya, Kasad meminta jajarannya mempertajam kepekaan terhadap situasi, serta proaktif terhadap segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tegakkan kedaulatan dan pertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai titik darah penghabisan," tegas Kepala Staf TNI AD.

Kemudian, Dudung juga memerintahkan para prajurit TNI AD untuk dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan rakyat sehingga itu dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap TNI Angkatan Darat.

Terakhir, Kasad juga meminta seluruh jajaran TNI AD meningkatkan sinergitas dengan pemerintah, Polri, dan komponen bangsa lainnya dalam rangka menyukseskan program pemerintah.

Dalam tayangan yang sama, Kasad menutup perintah hariannya dengan memberi semangat kepada prajurit TNI AD yang bertugas.

"Semoga Tuhan Yang Mahakuasa selalu bersama kita dalam setiap langkah pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama," kata Dudung kepada prajurit TNI AD.

Baca juga: Kiai NU: Ucapan Kasad bukan penistaan agama

Baca juga: Babe Haikal dukung silaturahmi TNI dan ulama

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar