Klungkung (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pengembangan Pelabuhan Laut Nusa Penida di Banjar Nyuh, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, dengan fokus pada fasilitas di sisi laut, seperti pembangunan dermaga ponton dan penambahan panjang trestle.

"Kegiatan penataan sudah berjalan sejak Januari 2022, sesuai dengan masterplan (Rencana Induk Pelabuhan), kemudian tahun 2023 direncanakan pembangunan terminal penumpang," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Kelas II Nusa Penida I Ketut Gede Sudarma dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa.

Dalam Humas Pemkab Klungkung itu disebutkan rencana itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Laut Nusa Penida yang dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung (11/4). "Sumber dana menggunakan APBN 2022 kurang lebih sebesar Rp55 miliar," kata Sudarma.

Sementara itu, Bupati Suwirta menyampaikan terima kasih dan mendukung pengembangan pelabuhan ini dalam rangka menambah layanan dan penataan pelabuhan di Nusa Penida.

Dalam arahannya, ia menyampaikan agar koordinasi dapat ditingkatkan, antara UPP dengan Pemda/dinas terkait, termasuk setiap progress dan kendala di lapangan agar diinformasikan seperlunya.

Beberapa masukan mengenai rencana pembangunan terminal, diantaranya desain terminal agar mengakomodasi tempat layanan retribusi atau kantor bersama. Desain atau pengaturan alur penumpang dan transportasi darat juga perlu perhatian cermat, sebagai antisipasi kemacetan.

Rapat itu dihadiri Kepala Dinas Perhubungan, Nyoman Sucitra, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya (8/4), Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, membuka Turnamen Bahari Cup yang ditandai dengan pertandingan penyisihan grup mempertemukan PS Bahari vs Toshiba Banjarangkan di Lapangan Umum Dawan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Turnamen ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Perang Kusamba ke-173.

Baca juga: Kemenhub kembangkan Pelabuhan Laut Nusa Penida di Klungkung-Bali
Baca juga: Pemkab Bangli - Klungkung kerjasama pemasaran produksi pangan
Baca juga: Menteri PPN kagumi potensi keindahan alam di Nusa Penida

 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022