Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA, Chris John, memasuki program latihan berat badan untuk menghadapi pertarungan perebutan gelar ke-15.

Istri Chris John, Ana Maria Megawati ketika dihubungi di Semarang, Rabu, mengatakan berat badan suaminya sekarang ini 59 kilogram dan ini dipertahankan hingga menjelang pertarungan mendatang.

"Kalau untuk menjalani latihan berat badannya sudah ideal, baru dua pekan sebelum pertarungan akan diturunkan hingga berat badan ideal di kelasnya," kata mantan atlet wushu Jawa Tengah tersebut.

Ketika ditanya rencana pertarungan mendatang, dia mengatakan, belum ada informasi dan suaminya hanya mengatakan "belum" kepada dirinya.

"Mungkin masih menunggu persetujuan dari WBA untuk pertarungan berikutnya," kata ibu dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut.

Menurut dia, lawan, tempat, maupun waktu pelaksanaan menjadi program dari manajemen kemudian diusulkan kepada WBA untuk mendapat persetujuan.

Menyinggung soal program latihan dengan teman latih tanding atau "sparring partner", dia mengatakan, belum juga dimulai kemungkinan awal November mendatang sudah dilakukan.

"Mungkin awal November mendatang baru memulai latihan dengan `sparring partner`," katanya menegaskan.

Petinju dengan rekor bertanding 45 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut terakhir mempertahankan gelar saat menang angka atas petinju Kalimantan Barat, Daud Yordan di Jakarta, 17 April 2011.

Chris John sendiri sudah 14 kali mempertahankan gelar sejak merebut gelar juara dunia dari tangan petinju Panama, Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, 2003.

Dari 14 kali pertarungan perebutan gelar tersebut, lima di antaranya melalui tarung wajib atau "mandatory fight", yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Usai menang atas Hiroyuki Enoki dalam pertarungan di Jepang, 24 Oktober 2008, Chris John mendapat gelar Super Champion yang diberikan di Amerika Serikat saat hendak melwan petinju setempat, Rocky Juarez.

Kemudian sembilan kali dijalani melalui pertarungan pilihan, yaitu melawan Jose Cheo Rojas, Renant Acosta (Kolombia), Tommy Brouwn (Australia), Osamu Satu dan Zaiki Takemoto (Jepang).

Kemudian dua kali melawan Rocky Juarez (Amerika Serikat), Fernando Saucedo (Argentina), dan terakhir melawan Daud Yordan (Indonesia).
(T.H015/M028)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011