Jakarta (ANTARA News) - PT Indonesian Cloud menggandeng perusahaan penyedia perangkat dan solusi teknologi DELL untuk menyediakan layanan "cloud computing" atau komputasi awan untuk menggarap pasar usaha kecil dan menengah.

"Kolaborasi dengan DELL menyediakan layanan "Public Cloud" dan "Private Cloud" bagi UKM mulai memasuki masa komersial pada 2012," kata Direktur Utama Indonesian Cloud Teguh Prasetya di Jakarta, Rabu.

Teguh menargetkan sebanyak 150.000 UKM akan menjadi mitra pengguna layanan cloud.

Indonesian Cloud yang dimiliki TRG Investama ini sebelumnya menggandeng Institut Teknologi Bandung untuk melakukan riset tentang konten spesifik berkaitan dengan cloud computing dengan investasi mencapai sekitar Rp10 miliar.

Teguh menambahkan pasar komputasi awan untuk UKM terbuka lebar karena bisa menekan jumlah karyawan yang mengurusi teknologi informasi.

"Mereka tidak ada waktu untuk mengurusi TI secara maksimal. Nantinya kami akan tawarkan "Platform as Services", "Software as services", dan "Infrastructure as services" untuk meningkatkan daya saingnya," katanya.

Layanan Cloud Computing terbagi atas tiga jenis yaitu Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS).

Sifat jangkauan layanan cloud computing terbagi menjadi Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud.

Sementara itu Service Engagement Manager DELL Indonesia Arwinto Nugroho mengungkapkan kerja sama dengan penyedia layanan cloud (cloud provider) lokal ini adalah dalam bentuk konsultasi serta penyediaan hardware dan software.

"DELL telah beraliansi dengan banyak cloud provider. Kami bukan pemain baru di bisnis ini. Bahkan dalam waktu dekat ada mini cloud hasil kerja sama dengan Kemnakertrans yang memudahkan pencari kerja meng-update portfolio kerja melalui balai-balai kerja di Indonesia," katanya.

Senada itu Marketing Director DELL Indonesia Arif Darmawan memperkirakan pasar private cloud di Indonesia akan tumbuh pesat dalam kurun waktu satu hingga dua tahun mendatang, sedangkan public cloud baru akan tumbuh pesat lima tahun mendatang.

"Ini karena momentum dan adopsi virtualisasi sangat cepat di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Bagi perusahaan, komputasi awan harus dijalankan karena ini suatu perjalanan dari evolusi. DELL siap memaksimalkan kesempatan ini bagi layanan komputasi awan yang dimilikinya," katanya.

Komputasi awan adalah layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet.

Namun tidak semua layanan di internet bisa dikategorikan sebagai komputasi awan, setidaknya beberapa syarat harus dipenuhi, antara lain pengguna dapat berlangganan hanya yang dibutuhkan dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan.
(T.R017/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011