Washington (ANTARA News) - Ketua IMF Christine Lagarde menyatakan puas dengan apa yang disebutnya "kemajuan signifikan" berkenaan masalah krisis keuangan zona euro.

"Saya menyambut baik langkah-langkah yang diambil hari ini oleh para pemimpin zona euro ke arah penciptaan sebuah kerangka kerja komprehensif untuk menjawab krisis yang dihadapi wilayah tersebut, dan membesarkan hati saya atas kemajuan substansial yang dibuat di sejumlah front," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Brussels, lapor AFP.

Mengenai Yunani, "kesepakatan yang dicapai soal parameter kunci bagi keterlibatan sektor swasta adalah yang paling penting untuk memperbaiki utang terus menerus. Hal itu didasarkan pada penilaian realistis terhadap ekonomi Yunani dan berbagi beban yang tepat antara sektor swasta dan pemerintah," katanya.

Jadi "saya bermaksud merekomendasi persetujuan bagi Dewan Eksekutif IMF pembayaran bagian berikut pinjaman kami menurut program yang sekarang ini. Komitmen berkelanjutan para penguasa Yunani untuk mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disepakati tetap, tentu saja, penting sekali," tambah Lagarde.

Lagarde mengatakan langkah untuk memperkuat Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) "dapat memperkuat pertahanan Eropa terhadap pengaruh buruk dan membantu memastikan layaknya fungsi pasar utang pemerintah."

Sebelumnya, zona euro menyetujui kesepakatan besar untuk mengatasi krisis utang yang memburuk Kamis ketika bank sepakat akan menanggung kerugian 50 persen atas utang Yunani, kara para pejabat.

Para pejabat zona euro mengumumkan kesepakatan menyusul pembicaraan keras di Brussels antara para pemimpin zona euro dan lobi perbankan Institut Keuangan Internasional untuk memaksa sektor swasta menanggung sakitnya beban utang Yunani.

Kesepakatan tersebut adalah yang terakhir dan mungkin bagian terkeras untuk merundingkan rencana empat poin luas guna menemukan solusi abadi terhadap krisis utang Eropa yang memburuk. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011