Peshawar, Pakistan (ANTARA News) - Sebuah pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat (AS) menyerang dan menewaskan saudara laki-laki dan keluaga dekat komandan Taliban berkebangsaan Pakistan di wilayah tandus Waziristan Selatan di sepanjang tapal batas Afghanistan pada Kamis, kata beberapa pejabat.

Empat pejuang Taliban tewas ketika empat peluru kendali menghantam sebuah truk pengangkut yang sedang melaju melewati Azam Warsak, 20 kilometer (13 mil) di sebelah barat Wana, pusat kota yang identik dengan Taliban, kata pejabat itu kepada AFP.

Serangan itu menandakan intelijen AS telah mendekati keluarga dekat Maulvi Nazir, komandan Pakistan yang memimpin pejuang Islam dalam pertempuran melawan pasukan Amerika di perbatasan Afganistan.

"Pesawat tak berawak milik AS itu mengincar sebuah kendaraan bermotor di daerah Azam Warsak, Waziristan selatan, kemudian menembakkan empat rudal yang menewaskan empat pejuang Taliban," kata salah satu pejabat yang tidak memiliki wewenang untuk berbicara kepada media.

Rudal itu merupakan serangan pesawat pertama dalam dua pekan terakhir sejak 15 Oktober, sementara empat gerilyawan lain tewas di kawasan pegunungan yang terletak di Wana barat.

"Adik Nazir, Omar Wazir, telah dibunuh lebih dulu, sudah dikonfirmasi," kata seorang pejabat keamanan Pakistan kepada AFP.

Kematiannya sudah dikonfirmasi oleh pejabat intelijen lain.

Pejabat keamanan mengatakan keluarga dekat Nazir yang lain juga tewas dalam penyerangan itu. Hubungan kekeluargaannya masih belum jelas.

Rudal tersebut menghantam pick up yang sedang melaju, kata pejabat keamanan, yang menambahkan empat pejuang Taliban tewas dan dua orang terluka.

(Uu.SDP-15/M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011