Jakarta (ANTARA) - Park Jae-sang atau lebih dikenal dengan nama panggung Psy akan merilis album penuh kesembilan pada bulan ini, berdasarkan keterangan agensi manajemennya pada Selasa (12/4) waktu setempat.

Psy juga membuat pengumuman melalui akun media sosialnya dengan mengatakan bahwa album tersebut direncanakan rilis pada 29 April pukul 6 sore waktu Korea Selatan.

Baca juga: Daftar artis K-Pop terkaya

Bersama dengan unggahan di Twitter, ia menyelipkan cuplikan video saat dirinya tampil di acara konser pada 2013. Dalam video tersebut, ia memperkirakan dapat merilis lagu hit kembali pada 2022.

"Sejujurnya, saya memproduksi 'Champion' pada 2002, dan saya membutuhkan waktu tepat sepuluh tahun untuk menghasilkan sebuah lagu yang lebih sensasional dari itu. 'Gangnam Style' dirilis pada tahun 2012. Saya rasa apa yang saya coba katakan adalah bahwa mungkin lain kali Anda akan bertemu lagu seperti 'Gangnam Style' pada tahun 2022," kata Psy dalam video tersebut.

Dikutip dari Yonhap, Rabu, momentum perilisan album pada bulan ini akan menandai peringatan 10 tahun single hit globalnya "Gangnam Style". Album baru ini juga akan menjadi rilisan pertama dalam lima tahun terakhir sejak album penuh kedelapannya yang meluncur pada Mei 2017.

Lagu "Gangnam Style" (2012) menjadikan Psy sebagai artis K-pop pertama yang menduduki peringkat nomor dua di tangga single utama Billboard's Hot 100 selama tujuh minggu.

Video musik lagu yang menampilkan tarian kuda khasnya menjadi video pertama yang melampaui batas penayangan YouTube dengan melampaui 2 miliar kali penayangan. Per Selasa (12/4), video tersebut telah menarik lebih dari 4,38 miliar kali penayangan.

Memulai debutnya pada 2001, Psy juga dikenal melalui lagu hit lainnya seperti "Bird", "Champion", "Gentleman", dan "Right Now". Psy mendirikan sebuah agensi K-pop bernama P Nation pada 2019, yang saat ini menaungi artis pop seperti Jessi, HyunA, Dawn, Heize dan Swings.

Baca juga: Psy akan rilis album kesembilan tahun depan

Baca juga: Psy bantah terlibat skandal YG

Baca juga: Video klip "Gangnam Style" Psy cetak sejarah tembus 4 miliar "views"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022