Jakarta (ANTARA) - Anthony Edwards mencetak 30 poin dan D'Angelo Russell 29 poin guna membawa Minnesota Timberwolves melenggang ke playoff untuk kedua kalinya dalam 18 musim terakhir setelah menang 109-104 atas Los Angeles Clippers dalam babak play-in di Minneapolis, Selasa (Rabu WIB).

Malik Beasley mencetak 12 poin, sedangkan mantan guard Clippers Patrick Beverley mengemas 11 rebound untuk Timberwolves yang akan menghadapi unggulan kedua Memphis Grizzlies pada putaran pertama playoff NBA. Game 1 playoff mereka digelar di Memphis pada Sabtu pekan ini.

Karl-Anthony Towns hanya mengumpulkan 11 poin karena cuma bisa memasukkan tembakan dari 11 lemparan selama tampil 24 menit sebelum ditarik keluar karena pelanggaran saat Minnesota mengatasi defisit 10 poin pada kuarter keempat.

Baca juga: Nets hantam Cavaliers guna pastikan unggulan ketujuh Wilayah Timur

Paul George melesakkan enam lemparan tiga angka dan total memasukkan 34 poin untuk Clippers yang masih berkesempatan lolos ke playoff jika menang saat menjamu New Orleans Pelicans atau San Antonio Spurs pada Jumat.

Reggie Jackson mencetak 17 poin, Norman Powell mengemas 16 poin dan Marcus Morris Sr membukukan 12 poin untuk Los Angeles.

Minnesota membuat efektivitas lemparan 43,4 persen, termasuk 14 dari total 35 lemparan tiga angka (40 persen).

Clippers sendiri mencatat efektivitas 43,6 persen dari termasuk berhasil pada 16 dari 35 lemparan tiga angka (45,7 persen).

Nicolas Batum memasukkan lemparan tiga angka ketika waktu tersisa 3 menit 9 detik sehingga Los Angeles mendekat pada kedudukan 99-98.

Baca juga: Cavaliers lakoni play-in kontra Nets masih tanpa Jarrett Allen

Namun Edwards membalas dengan sebuah lemparan tiga angka dan Russell menambahkan satu lemparan saat Timberwolves memimpin 104-98 ketika waktu tinggal 1 menit 56 detik.

George melepaskan lemparan tiga angka untuk memangkas defisit Clippers menjadi tiga poin ketika waktu tersisa 1 menit 24 detik.

Edwards memasukkan dua lemparan bebas saat 38,5 detik terakhir dan Minnesota pun menutup laga.

George mencetak 17 poin pada kuarter ketiga saat Clippers mengubah defisit dua poin pada paruh pertama menjadi unggul 84-78.

Towns membuat pelanggaran kelimanya ketika waktu tersisa 3 menit 47 detik pada kuarter ketiga, dan Los Angeles memanfaatkan ketidakhadirannya dengan kian jauh unggul sampai selisih sembilan poin melalui dua lemparan bebas George pada 6,4 detik tersisa.

Baca juga: Kings tak lanjutkan jasa pelatih kepala interim Alvin Gentry

Namun Beasley melepaskan lemparan tiga angka saat waktu berakhir ketika Minnesota memangkas keunggulan Clippers menjadi enam poin saat memasuki kuarter terakhir.

Empat poin berturut-turut Los Angeles memicu pelatih Minnesota Chris Finch memasukkan kembali Towns saat waktu tersisa 9 menit 27 detik dan Timberwolves tertinggal tujuh poin.

Jackson menjaringkan sebuah lemparan tiga angka 33 detik kemudian ketika Clippers mencatat selisih keunggulan terlebar dalam laga ini sebanyak 10 poin dalam kedudukan 93-83.

Towns mencetak tiga poin berikutnya untuk mengawali laju 16-2, tapi dia bahkan tidak bisa bertahan dua menit sebelum melakukan pelanggaran ketika pertandingan tersisa 7 menit 34 detik.

Tiga menit kemudian Russell melepaskan lemparan tiga angka untuk membawa Timberwolves unggul 97-95. Edwards menyusulnya dengan dunk pada sisa waktu 4 menit 2 detik.

Timberwolves memimpin 53-51 sampai paruh pertama meskipun Towns gagal dalam semua dari tujuh lemparannya dengan hanya mencetak dua poin, demikian Reuters.

Baca juga: Luka Doncic dan Joel Embiid terbaik di pekan terakhir musim reguler

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022