Bandung (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono bersama Ibu Herawati Boediono akan menghadiri upacara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-83 tingkat Nasional di Stadion Siliwangi, Bandung, Jumat.

Informasi dari Bagian Humas Pemprov Jawa Barat menyebutkan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Siliwangi akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Siliwangi ini diisi dengan kegiatan upacara bendera dan Wapres bertindak sebagai pembina upacara.

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia mengikrarkan persatuan dan kesatuan bangsa ditengah-tengah penjajahan.

Sumpah Pemuda yang lahir dari Kongres Pemuda ke-2, merupakan bagian dari proses konsolidasi kebangsaan menuju cita-cita Indonesia merdeka.

Sumpah Pemuda telah berhasil menyatukan langkah seluruh bangsa Indonesia untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme ketika itu dan memberikan semangat dan motivasi baru bagi bangsa untuk memperjuangkan nasib dan eksistensi sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, dan berdaulat

Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 2011 mengangkat tema "Bangun Pemuda Indonesia yang Berjiwa Wirausaha, Berdaya Saing, dan Peduli Sesama".

Tema itu mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang berdaya saing dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang mandiri, kokoh, serta mengedepankan akhlak mulia di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sejarah mencatat rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr Sunario sebagai utusan kepanduan sedang berpidato pada sesi terakhir kongres pemuda di Jakarta.  (H017/E011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011