Jakarta (ANTARA) - Berbagi menjadi salah satu kegiatan yang semakin gencar dilakukan di momen pelaksanaan bulan suci Ramadhan, selain berbagi memberikan kelegaan hati pada pihak yang memberi tentunya pihak yang menerima pun mendapatkan bantuan yang berarti.

Tak hanya komunitas yang bisa berbagi, secara individu seperti para kreator konten juga ikut melakukan kegiatan berbagi di masa penuh keberkahan ini dengan cara yang unik serta kreatif.

Mulai dari kreator asal Pontianak yaitu Hobby Makan hingga Bena Kribo memanfaatkan jejaring sosialnya di dunia virtual untuk bisa berbagi.

Dikutip dalam siaran pers Meta, Rabu, kreator konten Hobby Makan membuat inisiasi gerakan sosial dengan membuat konten video meicicipi kuliner khas lokal dan membagikannya di Halaman Facebook serta Instagram.

Dengan konten yang menarik itu, rupanya pasangan Evan dan Tiwi yang berada di balik "Hobby Makan" berhasil mendulang rejeki dan menggaet para penonton tidak hanya di Indonesia tapi juga dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Keduanya pun berinisiatif untuk mengalokasikan sebagian pemasukkan tersebut untuk membantu para pedagang jajanan pinggir jalan melalui sistem traktiran.

“Kami memborong dagangan untuk kemudian dibagikan secara gratis, terutama bagi mereka yang belum pernah mencicipi jajanan tersebut, agar tertarik untuk membeli dan datang kembali,” kata Evan.

Baca juga: Fitur pintasan Messenger permudah kirim pesan ke grup

Melihat antusiasme dan dampak positif dari sistem traktiran ini, Evan dan Tiwi menyadari bahwa upaya memberdayakan pedagang pinggir jalan ini harus dilakukan secara bersama-sama.

Inilah cikal bakal lahirnya gerakan sosial #LanjutkandiKamu besutan Hobby Makan dan menjadi ajakan bagi para penggemarnya di manapun mereka berada untuk melakukan hal serupa di kota asal masing-masing.

“Selama tujuan utamanya untuk mendukung pedagang kecil dan memberdayakan mereka agar lebih produktif dan sejahtera, kami pasti dukung,” ujar Evan.

Gerakan #LanjutkandiKamu kini sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, Bekasi, Tangerang, Solo, dan Yogyakarta.

Tercatat setidaknya sudah 1200 pedagang jajanan di seluruh Indonesia telah terbantu dengan gerakan #LanjutkandiKamu.

“Harapan kami, jajanan lokal bisa tetap eksis, dan para pedagang kecil ini juga dapat terus memperoleh penghasilan dan semakin berkembang meski di tengah masa yang menantang ini,” ujar Evan.

Kisah berbagi lainnya yang memanfaatkan ruang digital untuk menggerakan banyak orang datang dari kreator konten BenaKribo.

Ia mengawali kariernya sebagai kreator konten dengan membuat konten komedi dan belakangan mengembangkan bentuk kontennya menjadi konten edukasi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Misalnya seperti membagikan tips dan trik membuat konten yang menarik dan interaktif di media sosial, serta cara memanfaatkan fitur Instagram atau Facebook dengan optimal untuk mempromosikan usaha.

“Kurasi dan kualitas konten menjadi prioritas saya. Cara saya menjelaskan – step by step – dengan gaya monolog, saya berupaya untuk sedetail mungkin agar orang awam pun bisa mudah memahami dan mempraktekkannya,” kata Bena.

Secara khusus di momen #BulanKebaikan ini, BenaKribo akan membagikan konten-konten edukasi seputar ilmu pengetahuan agama Islam agar semakin banyak masyarakat yang memahami ajaran Islam dengan lebih baik.

Selain itu, Bena juga terus mengajak para penggemarnya untuk berbagi berkah dengan pengemudi ojek online melalui donasi paket sembako dan menunjukkan dukungan
bagi pelaku usaha kecil dengan membeli produk mereka dan membagikannya kepada teman atau keluarga.

Dengan sistemnya membagikan instagram story yang menarik, rupanya Bena telah membantu banyak para pelaku usaha kecil mengembangkan usahanya.

“Rasanya senang sekali ketika banyak yang nge-save atau re-share. Beberapa followers bahkan mengirimkan DM dan menceritakan bagaimana konten saya ini bisa berdampak positif bagi kehidupan mereka,” ujar Bena.

Selain berbagi untuk sesama manusia, Bena juga memanfaatkan media sosial untuk membangun komunitas bernama @catverse.indonesia, sebuah gerakan donasi untuk nantinya digunakan untuk membeli makanan kucing liar dan pengobatan kucing- kucing tak bertuan itu.

Baca juga: Kunto Aji ajak Poconggg dan Bena Kribo dalam video klip "Akhir Bulan"

Baca juga: Meta mulai mencoba alat penjualan digital untuk metaversenya

Baca juga: Kiat buat Ramadhan makin berkualitas bersama komunitas

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022