Jakarta (ANTARA) - Changchun, ibu kota Provinsi Jilin, China timur laut, berhasil memutus semua rantai penularan COVID-19 dari area-area karantinanya, demikian menurut konferensi pers yang digelar pada Kamis (14/4).

Pengumuman tersebut disampaikan menyusul hasil dari tes asam nukleat terbaru yang dilaksanakan di seluruh wilayah Changchun, sebut pihak otoritas setempat.

Kota yang merupakan pusat manufaktur di China timur laut sekaligus basis komoditas biji-bijian nasional, akan melanjutkan aktivitas normal dan produksi dengan tertib serta bersiap untuk memulai musim tanam pada musim semi sembari tetap melaksanakan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian COVID-19 yang relevan.

Langkah-langkah dengan diferensiasi akan diambil guna mempertahankan kestabilan pengoperasian rantai industri dan pasokan. Pasar-pasar akan kembali dibuka dan sekolah-sekolah akan melanjutkan pelaksanaan kelas tatap muka secara bertahap.

Sejak awal Maret, kota tersebut telah mencatat total 23.627 kasus terkonfirmasi dan 18.689 kasus tanpa gejala hingga Rabu (13/4) tengah malam waktu setempat. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022