Sisa vaksin Sinovac dua dose di pertengahan Ramadhan sebanyak 10 ribu vial sedangkan vaksin Sinovac single dose sudah kosong
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie menyatakan stok vaksin Sinovac sebanyak 10 ribu vial di Instalasi Farmasi kabupaten setempat aman untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hingga Juni 2022.

"Sisa vaksin Sinovac dua dose di pertengahan Ramadhan sebanyak 10 ribu vial sedangkan vaksin Sinovac single dose sudah kosong," kata Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinkes Pidie Ansarullah di Sigli, Kamis.

Ansarullah mengatakan vaksin tersebut akan kedaluwarsa sampai Juni 2022.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 penguat di Aceh capai 11 persen

Sementara itu, lanjut Ansarullah, ada juga stok untuk jenis vaksin lain seperti vaksin Moderna kemasan 10 dosis per vial sebanyak 145 vial dan vaksin Pfizer kemasan enam dosis per vial sisa 369 vial.

Ia memperkirakan stok vaksin tersebut akan mencukupi selama kegiatan vaksinasi COVID-19 yang terus berjalan di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Selain itu, dia mengatakan secara keseluruhan capaian vaksinasi COVID-19 di Pidie terus saja meningkat. Ia menyebutkan total dosis vaksin yang telah terpakai sebanyak 583.843 dosis dari jumlah target 341 ribu orang.

Baca juga: Vaksinasi dosis dua di Aceh ditarget capai 80 persen pada Mei

"Saat ini capaian keseluruhan sasaran vaksinasi dosis pertama sudah 91,64 persen, dosis kedua 63,69 persen dan dosis ketiga 5,97 persen," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Iman Murahman pihak baru mendistribusikan sebanyak 256 ribu dosis vaksin Sinovac per hari ini ke 23 kabupaten/kota di Aceh.

Baca juga: Polres Aceh Jaya gelar vaksinasi COVID-19 malam hari

Hal ini diharapkan dapat memperlancar vaksinasi bagi kelompok anak. Karena, kata Iman, untuk kelompok anak usia 6-11 tahun hanya bisa dilakukan vaksinasi dengan menggunakan dosis vaksin Sinovac.

“Vaksin Sinovac hari ini terdistribusi sebanyak 256 ribu dosis. Dosis yang lumayan besar untuk kita distribusi sehingga, mudah-mudahan bisa kita laksanakan vaksinasi pada anak,” kata Iman.

Baca juga: Tak ada lagi warga Banda Aceh dirawat di rumah sakit

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022