Beasiswa diberikan kepada siswa-siswi Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, juga beasiswa profesional untuk pegawai pemerintah ...
Tanjungpinang (ANTARA) - Konsulat Jenderal (Konjen) India di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Shubham Singh menawarkan program beasiswa pendidikan kepada Pemkot Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

“Beasiswa diberikan kepada siswa-siswi Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, juga beasiswa profesional untuk pegawai pemerintah yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3, serta bagi masyarakat umum,” katanya saat kunjungan kerja ke Tanjungpinang, Jumat.

Konjen juga menawarkan untuk pertukaran pelajar, pertukaran delegasi dan pertukaran budaya.

Baca juga: Belasan anak penyintas erupsi Semeru dapat beasiswa pendidikan

Selain itu, ia melihat peluang dari Kota Tanjungpinang dengan salah satu kota di India untuk dijadikan Sister City atau kota kembar. Kota kembar adalah konsep menggandeng dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

"Kami siap membantu dan bekerja sama Pemkot Tanjungpinang untuk hal tersebut," ungkap Konjen.

Ia juga melihat berbagai peluang yang dimiliki Kota Tanjungpinang untuk ditawarkan ke para investor dari India.

"Pihak kami turut memfasilitasi investor yang ingin datang ke suatu negara,” ujar dia.

Baca juga: Mendikbudristek ajak masyarakat gunakan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyambut baik kunjungan dan hubungan kerja sama yang ditawarkan Konjen India. Pihaknya akan mengkaji dan melakukan pembahasan terkait potensi kerja sama yang ditawarkan tersebut.

“Kami terbuka jika investor melirik Kota Tanjungpinang untuk mengembangkan usaha atau menanam modalnya, karena dapat meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah ini," ucap Rahma.

Pemkot, lanjutnya, memberikan kemudahan perizinan, selama semua persyaratan lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku serta tidak melanggar hukum.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022