Denpasar (ANTARA) - Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara membahas potensi kerja sama yang bisa terjalin antara pemerintah kota setempat dengan Pemerintah India saat menerima kunjungan Konsul Jenderal India untuk Bali Shashank Vikram.

"Bali dan India sejatinya memiliki kedekatan dan kemiripan, terutama dalam bidang kebudayaan. Hal inilah yang akan memperkuat potensi kerja sama dan kolaborasi antara Kota Denpasar dan India," ujar Jaya Negara di Denpasar, Rabu.

Baca juga: Pemkot Denpasar hadirkan DTIK Fest jadi wahana edukasi dunia digital

Menurut dia, berbagai kegiatan kebudayaan dan kesenian di Kota Denpasar, seperti Denpasar Festival juga dapat dijadikan sebagai salah satu potensi kerja sama kedua pihak.

Selain sebagai kunjungan persahabatan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas sejumlah potensi kerja sama yang bisa terjalin antara Denpasar dan India.

"Kami melihat begitu banyak kemajuan teknologi dan perkembangan pembangunan lainnya di wilayah-wilayah India, baik di negara bagian maupun di sudut kotanya. Untuk itu, kami berharap dapat menjalin kerja sama lebih intensif ke depannya," kata Jaya Negara.

Baca juga: Pemkot Denpasar teguhkan komitmen wujudkan kota yang toleran

Menanggapi hal ini, Shashank Vikram mengatakan bahwa terdapat banyak hal yang dapat dikembangkan menjadi poin kerja sama dan kolaborasi antara Denpasar dan otoritas di India.

Dia mencontohkan kerja sama di bidang industri, potensi ekspor, hingga kerja sama kebudayaan dan kesenian.

"Kami berharap dapat berpartisipasi dalam kegiatan kebudayaan dan kesenian yang ada di Kota Denpasar, dengan mengirimkan grup tari kami langsung dari India," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Denpasar lestarikan bahasa ibu lewat Bulan Bahasa Bali

Vikram menambahkan, jika diperlukan, pihaknya siap mendatangkan pakar di bidang pembangunan, teknologi, informasi, dan lainnya yang dapat memberikan masukan untuk kemajuan di Ibu Kota Provinsi Bali itu.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024