Kami telah bekerja sama selama 30 tahun. Dia (Jobs) mengatakan banyak hal baik tentang saya dan dia juga mengatakan banyak hal yang sulit."
Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Microsoft Bill Gates menanggapi dingin kritikan tajam pendiri Apple Steve Jobs.

"Persaingan kami sangat profesional dan positif," kata Gates dalam wawancara dengan televisi ABC seperti dikutip AFP.

Gates yang merupakan pesaing abadi inovator Apple itu  ditanya seputar biografi Steve Jobs yang ditulis Walter Isaacson. Biografi itu  menggambarkan Gates sebagai sosok yang tidak imajinatif sebagai inspirator.

Pendiri Microsoft itu ditanya ABC bahwa Jobs mengatakan, "anda (Gates) adalah sosok yang 'tidak imajinatif, tidak pernah menciptakan sesuatu dan tanpa malu menjiplak gagasan orang lain.' Apa reaksi anda ?. "

"Yah, Steve dan saya pernah bekerja sama, anda tahu itu..... menciptakan Mac. Kami melibatkan banyak orang di dalamnya., Membuat perangkat lunak kunci," kata Gates.

"Kami telah bekerja sama selama 30 tahun. Dia (Jobs) mengatakan banyak hal baik tentang saya dan dia juga mengatakan banyak hal yang sulit."

Gates melanjutkan, "Maksudku, ia  beberapa kali di Apple mengalami sendiri ketika  produk mereka sangat mahal hingga bisa-bisa tidak laku. Kami berhasil berkembang dengan banyaknya produk-produk dan kisaran harga, karena kami bekerja sama dengan banyak perusahaan,".

"Jadi fakta bahwa,  dalam beberapa kesempatan ia (Jobs) merasa terkepung,  ia merasa sebagai si baik dan kami si jahat, ini dapat kami pahami ."

"Aku menghormati Steve. Kami harus bekerja bersama. Kami mendorong satu sama lain, bahkan sebagai pesaing. Sama sekali tak masalah bagiku," kata Gates kepada ABC. Jobs wafat pada usia 56 tahun pada awal bulan ini lantaran penyakit kanker pankreas.
(adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011