Jakarta (ANTARA News) - Pelanggan listrik prabayar PLN sudah dapat membeli token atau kupon isi ulang listrik prabayar di gerai toko swalayan Indomaret.

Siaran pers Artajasa yang diterima ANTARA, Rabu menjelaskan, fasilitas itu tersedia setelah penandatanganan kerja sama dilakukan antara Direktur PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) Arya Damar, Direktur Merchandise PT Indomarco Pristama (Indomaret) Yan Bastian, dan Direktur Perbankan Konsumer BII Stephen Liestyo di Jakarta, Rabu.

Damar mengatakan, Indomaret merupakan pasar mini pertama yang melayani pembelian token listrik prabayar PLN.

Mulai awal November 2011 pelanggan PLN prabayar dapat membeli token listrik di lima gerai Indomaret di Jakarta dan pada pertengahan November tersedia di seluruh gerai Indomaret, katanya.

Damar mengatakan, cara pembelian token listrik sangat mudah. Pelanggan datang langsung ke Indomaret dengan menunjukkan ID pelanggan atau nomor meter kepada kasir, kemudian memberitahukan
nominal jumlah listrik isi ulang yang akan dibeli.

Selanjutnya pelanggan akan diberikan 20 angka kode isi ulang yang tercetak dalam tanda terima. Angka tersebut yang nantinya dimasukkan ke metera n prabayar pada saat melakukan isi ulang listrik dan pulsa listrik pun langsung bertambah.

"Hal Ini merupakan wujud komitmen Artajasa kepada penagih dalam hal penyediaan solusi pembayaran online serta perluasan titik pembayaran, sehingga pelanggan mitra bisnis Artajasa dapat dimudahkan dalam melakukan transaksi," tutur Damar.

Sementara itu Liestyo, mengatakan, dengan teknologi perbankan yang BII miliki, maka akan dapat mendukung pembelian token listrik pra bayar PLN di gerai-gerai Indomaret

"Hal ini sejalan dengan ekpansi layanan perbankan elektronik menuju hubungan perbankan yang inovatif," ucapnya.

Stephen Liestyo mengatakan, kemudahan dalam pembelian token listrik di tempat pembayaran ini merupakan layanan PPOB (Titik Pembayaran Online Bank).

Melalui PPOB yang didukung Artajasa, PLN mendorong bank-bank yang juga sebagai penjamin transaksi (settlement) untuk memperluas jaringan melalui para mitra yang menjadi downline-nya sehingga pelanggan PLN mendapatkan alternatif dalam melakukan transaksi pembayaran PLN, katanya.

BII, lanjut dia sebagai salah satu bank penjamin transaksi PLN menggandeng Indomaret sebagai tempat pembayaran untuk pembelian token listrik prabayar PLN.

Layanan ini sangat memberikan manfaat kepada bank. Selain memberikan efisiensi dari sisi pengurangan investasi perluasan jaringan e-channel, bank juga bisa mendapatkan penambahan fee based income,"  katanya. (CS)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011