Jakarta (ANTARA) -
NU Care-LazisNY PBNU bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dalam program Sedekah Peduli Kemanusiaan menyerahkan bantuan usaha kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di Jawa Tengah.
 
"Program pemberdayaan ekonomi ini masuk dalam salah satu pilar program NU Care-LAZISNU, yaitu NU Care Berdaya yang bertujuan untuk mendampingi, membantu, dan meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Sekretaris LAZISNU PBNU Moesafa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.
 
Moesafa mengatakan penyaluran bantuan itu merupakan realisasi dari pengumpulan Sedekah Peduli Kemanusiaan via kasir Indomaret periode Juli-September 2023, yang kemudian disalurkan untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat.
 
Ia menjelaskan penerima manfaat program adalah masyarakat yang sudah memiliki usaha, dan bantuan yang disalurkan diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan produktivitas ekonomi para pelaku UMKM.
 
"Yang kita pilih (penerima bantuan) adalah yang sudah mempunyai usaha. Usahanya sudah berjalan. Dan berdasarkan survei yang kita lakukan, para pelaku usaha ini perlu kita dukung, sehingga bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ekonominya," kata dia.
 
Menurutnya, selain penyaluran bantuan usaha, para penerima bantuan pun diberikan pembekalan terkait strategi bisnis dan tata kelola kewirausahaan.
 
Adapun bantuan yang disalurkan dalam program pemberdayaan ekonomi itu berupa gerobak UMKM, bantuan renovasi rumah produksi, serta modal usaha.
 
Bantuan tersebut diserahkan kepada para pelaku UMKM yang berada di enam kabupaten kota di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Temanggung, Cilacap, Kebumen, Banyumas, Wonosobo, dan Kabupaten Banjarnegara.
   
Deputy Branch Manager Indomaret Tafan Russuardi mengatakan penyaluran bantuan itu sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.
 
"Bantuan itu dalam rangka mendukung pemerintah dalam mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. Juga sebagai bentuk kepedulian Indomaret kepada pelanggan setianya," kata Tafan.
 
Ia menjelaskan bahwa program pemberdayaan ekonomi merupakan program yang ke-6 bersama dengan NU Care-LAZISNU. Pada 2018, katanya, adalah yang pertama terkait bantuan renovasi infrastruktur untuk warga terdampak gempa bumi di Lombok NTB.
 
"Kemudian bantuan untuk warga terdampak gempa di Palu Sulteng, lalu bantuan untuk korban gempa di Sulbar. Selanjutnya perbaikan sarana prasarana di sekolah-sekolah di 13 provinsi di Indonesia, dan ada juga program renovasi ruang belajar di area Jawa," kata dia.

Baca juga: NU Care-LazisNU salurkan bantuan makanan hingga air bersih di Gaza

Baca juga: Lazisnu se-Jatim distribusikan 4,9 juta liter air bersih

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023