Jakarta (ANTARA) -
NU Care-LazisNU PBNU menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk rakyat Palestina berupa makanan, air bersih, hingga obat-obatan untuk masyarakat di Gaza, Palestina.
 
Pendistribusian bantuan tahap kedua ini dilakukan NU Care-LAZISNU melalui mitra lembaga lokal yaitu Al Thoure-Silwan Women (AWC), yang berfokus pada penanganan perempuan dan anak-anak korban perang di Palestina.
 
"Terima kasih kami sampaikan kepada AWC yang merupakan mitra LazisNU dari tahun ke tahun, lembaga kemanusiaan di Palestina yang sudah terpercaya. Alhamdulillah, melalui AWC bantuan tahap kedua dari program NU Peduli Palestina telah diterima warga di Gaza," ujar Ketua LazisNU PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.
 
Ia mengatakan pendistribusian bantuan dilakukan secara bertahap sejak Kamis hingga Selasa, 9-14 November 2023 dan menyasar sejumlah titik di Jabalia daerah utara Gaza dan di kamp pengungsian area Khan Younis, Gaza Selatan.
Q
Menurutnya, bantuan tersebut merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan Nahdlatul Ulama yang dibangun bersama seluruh donatur, yang telah menitipkan dana kemanusiaannya untuk rakyat Palestina.
 
"Ini l bentuk solidaritas kemanusiaan dari NU dan masyarakat Indonesia secara umum. Kami pun mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh donatur jaringan NU dan LAZISNU se-dunia," kata dia.
   
Direktur Eksekutif AWC Abeer Zayyed menjelaskan bantuan makanan siap santap dan bahan makanan pokok didistribusikan di sekolah-sekolah di Jabalia yang menjadi tempat lebih dari 3.200 warga pengungsi.
 
"Lebih dari 3.200 warga Palestina ini mendapatkan bantuan makanan sehat siap santap dan paket bahan makanan pokok dari Nahdlatul Ulama," kata dia.
 
Selanjutnya, pendistribusian bantuan air bersih, hygiene kit, dan obat-obatan dilakukan di daerah Khan Younis, yang menurut Abeer kondisinya sudah porak-poranda akibat serangan pasukan Israel.
 
Habib Ali Hasan menggambarkan bahwa situasi di Palestina merupakan masalah kemanusiaan, sehingga NU Care-LAZISNU terus memastikan agar bantuan kemanusiaan yang dihimpun dapat benar-benar sampai ke rakyat Palestina.
 
"Kemudian saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa sampai saat ini kita harus terus membantu saudara-saudara kita di Palestina," kata dia.
 
Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil menambahkan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya pun akan kembali mengirimkan bantuan melalui TNI Angkatan Laut (AL).
 
"Tahap selanjutnya kami akan mengirimkan bantuan melalui TNI AL. Jadi TNI AL akan mengirimkan RS kapal, berbarengan dengan itu akan dikirimkan bantuan logistik, dan kami akan menitipkan bantuan berupa selimut, tempat tidur, dan tenda darurat," kata Qohari.

Baca juga: Sembilan delegasi Polri diterjunkan untuk bantu warga Palestina

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023